PKM Peningkatan Nilai Jual Lokan Melalui Teknologi Olahan di Kelompok Nelayan Mekar Sari Desa Serangai Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Desa Serangai 

Kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ratu Samban, dengan mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk itulah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Ratu Samban ini ada, melakukan semua aktivitas pemberdayaan masyarakat di semua bidang. 

LPPM Universitas Ratu Samban adalah organisasi yang diamanatkan untuk mengemban Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup Universitas Ratu Samban, yaitu dengan memberikan layanan yang diperlukan oleh masyarakat secara optimal. 

Implementasinya berupa pengutusan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) ke desa-desa yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara, pelatihan untuk kelompok tani, nelayan maupun pemberian bantuan berupa fasilitator yang menguasai bidang ilmu yang diinginkan oleh masyarakat, pengembangan kewirausahaan, pembinaan dan pengembangan koperasi dan pengusaha kecil. Sejak tahun 2015 LPPM Universitas Ratu Samban telah mulai melaksanakan KUKERTA di daerah terluar Indonesia atau bagian dari Kabupaten Bengkulu Utara yaitu di Pulau Enggano. Partisipasi LPPM Universitas Ratu Samban ini disambut antusias oleh masyarakat Pulau Enggano tersebut.

LPPM Universitas Ratu Samban setiap tahunnya mengalokasikan sejumlah dana untuk dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dimanfaatkan oleh dosen melalui proses seleksi yang cukup ketat, walaupun dana yang disiapkan masih kurang mencukupi dari kebutuhan dosen dalam melaksanakan program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, namun hal ini cukup memotivasi dosen untuk ikut terlibat dalam pengajuan proposal ini. 

Salah satu pengabdian kepada masyarakat yang dimanfaatkan dosen dan mendapatkan amanah dari Kemeristekdikti pada tahun 2019 adalah kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan hari Sabtu 31 Agustus 2019 di Desa Serangai Kecamatan Batik Nau.

Kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini merupakan kegiatan lanjutan dari Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh tim Dosen Universitas Ratu Samban yang merupakan program Kemenristekdikti tahun 2019. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk memberikan informasi, memberi memotivasi dan meningkatkan pengetahuan nelayan khususnya ibu-ibu PKK Mekarsari dalam meningkatkan bahan lokan segar menjadi berbagai produk olahan yang bermutu unggul dengan kemasan yang modern sehingga dapat meningkatkan perbaikan perekonomian keluarga dan pada akhirnya meningkatkan taraf hidup nelayan

Desa Serangai dengan berpenduduk bermata pencaharian sebagai nelayan belum mampu meningkatkan taraf hidup nelayan. Padahal lokan di Desa Serangai cukup banyak. Namun, masyarakat selama ini masih menjual dalam bentuk ikan segar dengan harga yang relatif rendah atau sedang. Dengan demikian, Masyarakat di desa Serangai tersebut menjadi sasaran yang mempunyai potensi yang perlu dibina kemampuannya dan diberi penyuluhan serta ketrampilan dalam meningkatkan bahan lokan segar menjadi berbagai produk olahan yang bermutu unggul dengan kemasan yang modern dan juga cara pemasaran produk yang tepat sehingga dapat meningkatkan perbaikan perekonomian keluarga dan pada akhirnya meningkatkan taraf hidup nelayan.
Hasil olahan lokan segar menjadi rendang lokan
Hasil olahan lokan segar menjadi crispy lokan dan peyek lokan

Hasil olahan lokan dan packing produk yang baik
Saat ini terlihat bahwa masyarakat khususnya ibu- ibu PKK sudah mulai terbuka wawasannya dan terampil yang berkaitan dengan peningkatan nilai jual lokan melalui berbagai olahan produk makanan yang bervariasi dan berpotensi mempunyai nilai jual yang lebih baik. Produk olahan lokan tersebut diantaranya peyek lokan, crispy lokan, dan rendang lokan. Produk tersebut berpotensi dan mempunyai nilai jual yang cukup menjanjikan. Pemasaran bisa melalui konvensional dan bisa melalui media internet facebook, whatshaps dll.

Dengan adanya PKM ini diharapkan masyarakat dapat menghasilkan produk beraneka ragam olahan lokan yang mempunyai nilai cita rasa tinggi, dan terjadinya peningkatan percaya diri, motivasi dan ketrampilan serta pendapatan bagi nelayan khususnya Ibu-Ibu PKK dalam pengolahan lokan. 

0 Response to "PKM Peningkatan Nilai Jual Lokan Melalui Teknologi Olahan di Kelompok Nelayan Mekar Sari Desa Serangai Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel