Serunya Workshop Blog Bareng Blogger Bengkulu


Assalamualaikum.. hai sahabat dimanapun kalian berada, weekend gini kalian ngapain sih? Hm, kayaknya kalian ada yang pergi liburan mungkin kali ya, pergi ke tempat wisata daerah kalian masing - masing, mungkin ada yang ngerapiin rumah, atau mungkin lagi galau dirumah karena gak ada yang ngajakin maen. Hihii... Sabar buat kalian yang lagi galau, tapi daripada kalian galau lebih baik kalian cari aktivitas yang bermanfaat seperti workshop yang saya ikuti di weekend kali ini.

Di weekend kali ini, saya mengikuti workshop yang diselenggarakan oleh Blogger Bengkulu. Acara workshop ini diadakan di Labbaik Chicken Kampung Bali Bengkulu.
Foto bersama teman blogger yang hadir diworkshop Blog

Di Workshop Blog ini banyak ilmu yang saya dapatkan mengenai blog seperti motivasi ngeblog, bagaimana cara membuat blog, cara menulis konten blog, informasi seputar template gratisan atau berbayar. 

Motivasi blog disampaikan oleh mbak Milda. Beliau adalah foundernya Blogger Bengkulu. Kemudian untuk Narasumber pada Workshop ini antara lain mbak Dwi Apura, Nengsih dan mbak Dahlia. Narasumber mbak Dwi Apura menjelaskan cara menulis konten di blog, narasumber mbak Dahlia menjelaskan mengenai informasi templates gratis atau berbayar, sedangkan narasumber Nengsih menjelaskan bagaimana cara membuat blog.


Untuk lebih jelasnya apa saja sih yang disampaikan oleh para narasumber pada Workshop Blog ini? 

Narasumber Apura menyampaikan materi

Ok baiklah, untuk narasumber mbak Dwi Apura menyampaikan cara menulis konten blog. Dalam menulis konten blog, ada 5 hal yang harus diperhatikan. Apa saja sih?

1. Buat Konten yang Orisinil
Kalian harus membuat konten yang sesuai dengan karakter kalian sendiri, pengalaman pribadi, tidak menjiplak, dan yang terpenting menjawab pertanyaan pembaca mengenai sebuah topik


2. Headline yang menarik
Kalian harus membuat headline yang menarik, yang membangkitkan minat dan mengundang pembaca. Mengapa? Karena 80 persen orang akan membaca headline terlebih dahulu dan hanya 20 persen  dari orang tersebut membaca seluruh isi konten


3.Akurat dalam melaporkan dan mengambil informasi
Menulis tentang sebuah event atau produk, maka harus tepat nama orang ataupun nama produknya dan sumber informasi jelas. Termasuk menggunakan keyword (kata kunci)

4. Berkomunikasi dengan gambar/ infogravis/video
Menulis konten dengan berkomunikasi dengan gambar atau Infografis atau video dapat Mlmembantu mengilustrasikan poin-poin pada artikel anda


5. Perhatikan juga ukuran tulisan, warna teks dan latar belakang.
Paling aman gunakan tulisan berwarna hitam dengan latar belakang putih

Setelah penyampaian materi dari mbak Apura, selanjutnya penyampaian materi dari Narasumber mbak Dahlia. Apa aja sih yang disampaikan mbak Dahlia?
Mbak Dahlia menyampaikan informasi mengenai template blog. Template blog  itu apa sih? Yup perlu kalian ketahui bahwa template blog merupakan desain-desain halaman blog atau pun halaman website beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun  file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagaoi aplikasi web
NarasumberNDahlia menyampaikan materi mengenai template

Template pun ada 2 tipe yaitu gratisan dan berbayar atau premium. Template gratisan itu bisa kita dapatkan secara gratis tanpa perlu bayar, sedangkan template premium atau berbayar itu bisa kita dapatkan dengan cara membeli kepada pembuat template premium.

Nah, narasumber mbak Dahlia juga menyampaikan bagaimana tips memilih template. Berikut tips memilih template.

1. Pilihlah template yang simple dan clean
Template yang tampilannya tidak semak dengan warna, watermark atau background yang rame.

2. Pilih responsive template 
Responsive template adalah desain tampilan blog yang ukurannya mengikuti lebar dan tinggi perangkat yang digunakan untuk membukanya, dalam hal ini perangkat mobile.
(sumber: contohblog.com)

Dengan kata lain responsive template itu template yang mobile friendly

3. Memilih templates yang sesuai dengan niche blog 
Tapi yang pasti template mana pun cocok untuk semua niche blog asalkan friendly, fast loading dan responsive

Setelah mendengarkan informasi yang disampaikan dari narasumber, kita di arahkan untuk menulis sebuah konten dan dimasukkan kedalam blog. Nah konten yang kita buat tadi juga akan diikutsertakan dalam lomba live event kelas blogger Bengkulu. Kalo menang ada hadiahnya loh. Voucher makan di labbaik chicken. Mantap kan. hihihi...

Oke deh, itulah tadi serunya kegiatan workshop blog bareng blogger Bengkulu. Sayang banget bagi kalian yang gak ikutan workshop blog kali ini. Dan semoga untuk workshop berikut nya kalian bisa ikut serta. Terima kasih sudah berkunjung. Wa'alaikumsalam 

10 Responses to "Serunya Workshop Blog Bareng Blogger Bengkulu"

  1. Lengkap nih ulasannya.. Tambah semangat nih ngeblog nya. Semoga workshop berikut ny tambah rame ya

    ReplyDelete
  2. sayang banget kemarin ga bisa ikutan, moga lain waktu bisa ikutan kegiatan BoBe

    ReplyDelete
  3. Seru memang mengikuti workshop kayak gini, santai tapi belajar, sambil makan dapat juga ilmu, semoga menang lomba live event nya ya mbak.

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata di labaik ada confrence roomnya juga ya. Asik dong kemaren workshopnya sambil makan ayam

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Semoga bermanfaat ya ilmunya :D
    Pengen datang juga tapi kuotanya terbatas ya

    ReplyDelete
  7. Keren yah acaranya sayang ga hadir kemaren heuhuuu

    ReplyDelete
  8. wah rugi banget gak ikut nihhh,,,
    padahal seru pasti tuhhh,,,,

    ReplyDelete
  9. Keep spirit Julia!
    Semoga ilmu yg didapat di workshop kemaren dapat diaplikasikan agar menjadi blogger yang produktif.

    ReplyDelete
  10. Seru banget ya mbakkk.. Next mga ada lg projek yg lbih keren dri ini.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel