Kopi Gading Cempaka Kopinya Orang Bengkulu


Saya hidup dirantau selama 2 tahun. Saya merantau tanah Jawa untuk menuntut ilmu. Selama dirantau, saya hanya pulang 2 kali dalam setahun yaitu ketika hari raya idul fitri dan libur semester. Jika pulang ke Bengkulu dan akan kembali lagi ke tanah rantau, saya pastinya membawa oleh oleh untuk temen temen kos, ibu penjaga kosan, dan juga temen temen kuliah disana. Nah, terkadang ini yang jadi masalahnya, saya tuh suka bingung kalo mau bawa oleh oleh dari Bengkulu. Orang orang Bengkulu pasti tau sendiri kan, oleh oleh khas Bengkulu masih sangat sedikit sekali. Paling paling ya waktu itu ketika saya kembali lagi ketanah rantau, saya hanya bawa oleh oleh khas Bengkulu yaitu kue baytat, lempuk durian, dan lain-lain. Ya sebenarnya saya pengen banget Bengkulu punya pilihan lainnya untuk dijadikan oleh-oleh khas Bengkulu.
 kopi gading cempaka buatan saya

Nah, ternyata Bengkulu sudah ada oleh oleh khas Bengkulu selain yang saya sebutkan tadi diatas. Oleh oleh khas Bengkulu yang lain adalah kopi Bengkulu kopi Gading Cempaka. Saya baru tau bahwa kopi Gading Cempaka ini sudah ada sejak tahun 1920. Waw sudah lama ya. Hehe

Kopi Gading Cempaka ini awalnya hadir sebagai sebuah Usaha Keluarga dari petani kopi untuk memperkenalkan kopi Bengkulu ini agar dilirik, diminati, dan dicintai lebih luas baik secara nasional maupun internasional. Mengapa demikian? Alasannya karena kopi Bengkulu tidak kalah enak nya dengan daerah-daerah lainnya.

Kopi Gading Cempaka diproduksi oleh CV. Kemal Cempaka Mulia (KCM) di Kota Bengkulu dengan bahan kopi asli Aur Gading Bengkulu Utara (Single Original) dan Sindang Dataran Curup, Rejang Lebong, Bengkulu. Kopi Gading Cempaka dikategorikan sebagai kopi Premiumnya Bengkulu. Why? Ya, karena Kopi Gading Cempaka ini telah melalui proses panjang dalam proses pembuatannya sehingga kopi ini menghasilkan cita rasa yang khas. Begini proses produksi Kopi Gading Cempaka sehingga menghasilkan citra rasa yang khas :
1. Petik matang (Merah). 
Kopi Gading Cempaka terbuat dari kopi pilihan. Kopi ini dipetik dari buah yang benar-benar matang.
Kopi Bengkulu yang matang www.instagram.com/kopigadingcempaka

2. Proses sortasi tahap pertama. 
Pada tahap sortasi pertama, dipastikan bahwa kopi yang dipetik tidak ada cherry yang busuk, selain itu cherry-cherry yang masih belum matang dipisahkan namun terpetik saat panen.

3. Dilakukan penjemuran.

4. Kemudian dilakukan mengupasan kulit.

5.  Proses sortasi tahap kedua
Dilakukan sortasi tahap kedua hingga menjadi biji kopi pilihan. Sortasi tahap kedua ini memisahkan biji kopi hitam, rusak karena gilingan, dll hingga bersih.

6. Proses sortasi tahap ketiga
Sebelum dilakukan proses roasting, tahap selanjutnya lakukan sortasi ketiga. Sortasi ketiga ini adalah memastikan kembali bahwa tidak ada lagi biji hitam atau rusak, karena biasanya masih ada yang tidak terdeteksi hingga perlu sortasi tahap ketiga ini.

7. Pasca roasting, dilakukan sortasi kembali untuk membuang biji kopi yang terlihat pucat atau tidak sama dengan biji-biji lain, kemudian didiamkan selama 12 – 24 jam untuk membuang gas yang terkandung.

8. Proses selanjutnya dilakukan penghalusan (penggilingan).

9. Setelah halus, kopi didiamkan selama 15 – 30 menit untuk menghilangkan gas, kemudian dilakukan pengepakan (dimasukkan pada kemasan).

10. Pendiaman pasca roasting (12-24 jam++) dan penghalusan (15-30 menit++) untuk menjaga kualitas rasa.

Wah, dilihat dari proses nya diatas, dapat kita simpulkan bahwa kopi Gading Cempaka ini memang benar-benar dari kopi pilihan. Yang tentunya kopi asli dari Bengkulu. Kopi Gading Cempaka ini tidak hanya rasanya yang enak, selain itu kemasan kopi ini pun juga menarik. Jadi ya tidak malu-maluin lah ya kalo dijadikan oleh-oleh untuk teman-teman dirantau. hehehe.

Oh ya, Kopi Gading Cempaka ini juga praktis. Kemasannya yang sachet menjadikannya mudah dibawa kemana-mana. Bisa kita bawa ketika dalam perjalanan liburan, bisa dibawa ketika mendaki gunung, pokoknya bisa dibawa kemana-mana lah ya. 

Saya bangga banget dengan adanya Kopi Gading Cempaka ini. Pastinya dengan adanya Kopi Gading Cempaka ini juga akan turut memperkenalkan kopi Bengkulu di nasional maupun internasional. Ya, jika kalian tertarik untuk mencoba Kopi Gading Cempaka ini, apalagi bagi kalian penikmat kopi, yuk dicoba Kopi Premium dari Bengkulu ini.

Ada tiga produk yang ditawarkan dari Kopi Gading Cempaka :
1. Kopi Robusta
Kopi Robusta ini isi kemasannya berupa bubuk (ground coffee) dengan berat kemasan 200 gram. Kopi Robusta ini 100% kopi murni tanpa bahan pengawet & campuran apapun. Harganya Rp.35.000,-
Kopi Robusta
2. Kopi Arabika
Kopi Arabika ini isi Kemasan berupa bubuk (ground coffee) dengan berat kemasan 100 gram. Kopi ini 100% kopi Murni tanpa bahan pengawet & campuran apapun. Harganya Rp. 30.000,-
Kopi Arabika www.instagram.com/kopigadingcempaka

3. Kemasan Sachet
Kopi kemasan sachet ini isi Kemasannya berupa kopi Premium Murni + Gula dengan berat kemasan 25 gram. Kopi Gading Cempaka kemasan sachet ini 100% Murni tanpa bahan pengawet. Harganya : Robusta = Rp. 6.000
Arabika = Rp. 7.000

Jika kamu ingin membelinya, ada 3 cara :
1. Order via website
Kamu bisa order dengan mengunjungi website Kopi Gading Cempaka.

2. Order via whatsapp
Kamu bisa order via whapsapp ke nomor 08117321511

3. Order via email
Kamu bisa order via email yaitu ke sales@kopigadingcempaka.com

Dengan 3 cara diatas pastinya akan memudahkan kamu untuk mendapatkan Kopi premium ini. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai kopi Gading Cempaka di media sosialnya.

Yap, gimana? Kamu penasarankan gimana rasa sesungguhnya Kopi Gading Cempaka ? Saya aja sudah nyobainnya. Masa kamu enggak. Segera beli deh, saya yakin kamu gak bakalan nyesel. :D


1 Response to "Kopi Gading Cempaka Kopinya Orang Bengkulu "

  1. kopi bengkulu emang ok,.. dimana-mana sangat terkenal, bunda selalu bawak kopi buat oleh-oleh, sekarang ada yang premium keren dong

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel