4 Tips Menulis untuk Blogger Baru


Pertama kali sebagai blogger baru dan memulai menulis blog, pastinya Anda terkadang merasa tidak percaya diri. Permasalahan rasa tidak percaya diri adalah seperti kurangnya keterampilan menulis Anda. Namun, terlepas dari itu semua, Anda harus melakukan beberapa tips menulis agar Anda bisa mengembangkan keterampilan menulis Anda. Berikut 4 tips menulis ini untuk blogger baru.

1: Berlatih Menulis 500 Kata Setiap Hari Offline
Anda sebagai blogger baru awalnya cenderung merasakan ketakutan mendalam terkait dengan keterampilan menulis Anda. Anda juga ragu jika ada orang yang membaca blog Anda, takut di kritik, dan lain-lain. Menulis secara offline membantu Anda menghilangkan ketakutan secara pribadi dan akan membuat Anda siap untuk posting secara publik. Tulislah 500 kata secara offline dalam dokumen Word. Kemudian berlatihlah menulis.

2: Posting dengan 600-800 Kata Maksimum
Posting dengan 1000 kata akan membuat pengunjung membaca terlalu lama. Selain itu, posting dengan 1000 kata juga akan membuat tulisan menjadi bertele-tele, berlebihan, penuh dengan koma dan berbagai bentuk pengisi, menggunakan kata-kata mengerikan seperti "demikian", "karenanya" dan lainnya tidak perlu menambahkan posting yang berlebihan. Mengapa? Blogger baru terkadang percaya bahwa memposting tulisan yang panjang berarti posting tersebut adalah postingan yang lebih baik dan lebih berharga. Padahal itu sama sekali tidak benar. Justru, tulisan yang singkat, tajam dan jelas berarti lebih baik dan tulisan lebih berharga.

3. Belajar dari penulis yang terampil.
Belajar dari penulis yang terampil. Contohnya Henneke seorang Enchanting Marketing yang memiliki keterampilan menulis yang serius. Membaca postingnya terasa mudah. Markus seorang penulis yang brilian. Ikuti dia. Amati bagaimana dia menggunakan jumlah kata minimum untuk menghasilkan poin maksimal.

4: Jangan Menyerah!
Jangan menyerah kawan! Blogging terkadang terasa sulit. Namun, tetaplah semangat. Teruslah Menulis. Tulis lagi. Tetap menulis. Berlatihlah selama bertahun-tahun.

Itulah 4 tips menulis untuk blogger baru. Semoga bermanfaat. Jangan lupa komen dan share ya. Terima kasih.

0 Response to "4 Tips Menulis untuk Blogger Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel