Jangan Sembarang Pilih Calon Pasangan Hidup, Ini Yang Harus Dipertimbangkan



Membicarakan perkara jodoh memang rumit. Apalagi bagi orang dewasa yang sudah cukup umur untuk menikah. Setelah lulus kuliah dan bekerja, pasti akan memiliki target untuk menikah.

Ditambah lagi, sebagai umat Islam tidak diperbolehkan berpacaran. Namun, bagaimana kita kenal dengan calon pasangan kita nantinya yang akan mendampingi kita sampai ajal menjemput?

Tidak mudah untuk memilih calon pasangan hidup. Tidak akan mudah untuk memilih langsung tanpa harus mengenal terlebih dahulu. Jangan salah pilih ketika memilih pasangan. Karena apa? Kita akan menghabiskan waktu kita bersama pasangan hidup kita. Setiap hari kita akan bertemu dengan pasangan kita. Bangun tidur, makan, membesarkan anak, membangun masa depan, beribadah kepada Allah, dan masih banyak lagi yang akan dilakukan sehabis menikah.

Dalam memilih pasangan jangan sembarangan. Kita harus tau sifatnya, akhlaknya, perilakunya, ibadahnya kepada Sang Pencipta. Yang paling penting itu adalah ibadah nya kepada Allah. Karena apa? Jika dia beribadah kepada Allah, insyaallah dia memiliki sifat, akhlak dan perilaku yang baik. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika dia beribadah tapi dia masih memiliki sifat, akhlak dan perilaku yang tidak baik. Bisa jadi disebabkan karena niat nya beribadah yang salah. 

Bentuk perkenalan yang relatif singkat kita harus memikirkan beberapa hal. Apakah kita tau pasangan kita memiliki sifat dan akhlak yang baik hanya mengenal dalam sekejap? Apakah kita tau bahwa kamu dan dia mempunyai visi dan misi yang sama jika hanya mengenal dalam waktu yang singkat? Tidak kan?

Banyak kejadian yang pernah terjadi secara fakta. Berkenalan dengan seseorang yang hanya melihat dari instastory instagram teman, kamu tertarik, dan kamu ingin berkenalan dengannya bahkan ingin menjadikan dia sebagai pasangan hidup mu. Kamu menghubungi teman kamu tersebut untuk minta berkenalan dengan dengan temannya. Memang temannya teman mu tersebut jomblo. Kamu berniat untuk serius. Wah ini salah fatal jika kamu tidak mencari tau terlebih dahulu mengenai dirinya. Kamu harusnya mencari tau terlebih dahulu dari temanmu yang tau tentang dirinya, bagaimana kesehariannya, bagaimana tentang hidupnya. 

Banyak kejadian bahwa bisa jadi wanita tersebut sudah berpacaran sebelumnya dan bisa jadi sudah melakukan zina. Sedangkan apakah kamu mau dengan wanita seperti tersebut? Pasti kamu berpikir panjang kan? Apalagi kalo kamu adalah orang yang benar benar menginginkan pasangan hidup yang memiliki akhlak yang baik. Tapi jika kamu tidak memikirkan hal seperti itu, mungkin ini tidak menjadi masalah.

Selain itu, banyak kasus lainnya. Contoh kasus lainnya seperti kamu tertarik dengan seorang wanita, temannya teman kamu. Wanita tersebut berwajah cantik, dari segi fisik memang sangat menarik. Namun, apakah kamu tidak mempertimbangkan yang lain selain fisik? Hm, mungkin ada lelaki yang tidak memikirkan yang lainnya, apalagi jika sudah jatuh cinta.

Tapi, sebagai laki laki yang baik, kamu juga harus mempertimbangkan mengenai akhak nya seorang wanita. Karena apa? Secara fakta, banyak kejadian yang tidak sesuai realita. Wanita cantik tapi akhlaknya belum baik. Kita harus cari tau terlebih dahulu bagaimana akhlak wanitanya. Kita bisa mencari tau dari teman dekatnya, teman kerjanya. Karena mereka lah bersama wanita itu setiap hari nya karena dalam satu tempat kerja.

Sebagai contoh, wanita yang cantik tersebut ternyata memiliki sifat yang kurang baik, seperti klepto. Klepto adalah penyakit yang suka dengan barang orang lain kemudian mencurinya. Hm rumit juga ya punya pasangan yang memiliki sifat ini. Nah alangkah baiknya kamu mencari tau dulu mengenai wanita tersebut. Jika kamu tidak mencari tau bagaimana sifat wanita tersebut dan hanya mengandalkan wajahnya yang cantik, wah kamu tau sendiri lah bagaimana konsekuensi nya. Tapi, ini kembali kepada diri kamu sendiri, jika memang sudah terlanjur cinta dan sudah jodohnya pastinya. 

Ya kembali ke perkara jodoh. Mengetahui calon pasangan hidup kita, bisa dilakukan dengan beberapa hal :
1. Mencari tau bagaimana akhlak, sifat, perilaku dari calon pasangan melalui orang tuanya/ teman kecilnya/ teman sekolahnya/ teman kuliahnya/ teman kerjanya/ teman sehobinya/ teman komunitasnya/ tetangga nya,dan sebagainya. Ya jangan hanya mencari tau dari 1 sumber saja. Kamu juga mencari tau dari beberapa sumber yang memang tau betul tentang diri calon pasangan hidup kamu. 

2. Banyak berdoa kepada Allah dan minta petunjuk siapa jodoh kita. Karena berdoa kepada Allah adalah solusi yang paling ampuh dan mujarab. Allah yang telah menetapkan jodoh kita. Maka dari itu, mintalah kepada Allah diberikan jodoh yang terbaik sambil memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. 

Demikian, artikel ini dibuat. Semoga kita selalu diberikan jodoh yang terbaik dari Allah Subhanawata’alah. Semoga kita juga tidak salah pilih dalam menentukan calon pasangan hidup kita. 


0 Response to "Jangan Sembarang Pilih Calon Pasangan Hidup, Ini Yang Harus Dipertimbangkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel