DUMET School Salah Satu Pendidikan Luar Sekolah Yang Sangat Penting Di Jaman Millenial Ini


Di jaman modern yang serba canggih seperti sekarang ini, kita harus mengikuti perkembangannya. Apabila kita tidak mengikuti perkembangannya, maka kita akan sulit mencapai suatu yang kita inginkan. Untuk mencapai suatu yang kita inginkan, kita harus memiliki pendidikan. Pendidikan merupakan faktor penting dalam menggapai apa yang kita inginkan. Pendidikan sangatlah penting karena dengan adanya pendidikan maka akan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan merupakan unsur yang mencakup semua aspek pembangunan dan memiliki implikasi sebagai berikut :
1. Pendidikan harus meliputi spectrum yang luas, baik konten maupun bentuknya
Konten meliputi pengetahuan dasar sampai riset, latihan keterampilan hidup sampai dengan skill produksi yang canggih. Sedangkan bentuk meliputi mulai dari sekolah sampai dengan sangat spesifik seperti pendidikan luar sekolah atau non formal, dari yang kesederhanaan sampai dengan post graduate/ specialist.

2. Pendidikan sangat penting guna mencapai tujuan pembangunan. Kombinasi pendidikan umum dengan pendidikan luar sekolah seperti keterampilan khusus diperlukan jika orang ingin dapat menyesuaikan diri dengan perubahan dan dapat ikut produktif dalam perubahan tersebut.

Terus, darimana kita mendapatkan pendidikan tersebut?
Kita bisa mendapatkan pendidikan di sekolah formal maupun disekolah informal atau pendidikan di luar sekolah. Kali ini saya akan membahas mengenai pendidikan di luar sekolah.

Pendidikan luar sekolah merupakan suatu bentuk kegiatan belajar baik sengaja atau tidak disengaja, dirancang atau tidak, diorganisasikan atau tidak, yang berlangsung diluar sekolah atau universitas. Definisi lain dari pendidikan luar sekolah merupakan bentuk pembentukan skill dan pengetahuan di luar sekolah formal. Penyelenggaraan pendidikan luar sekolah tidak sepenuhnya mengikuti kaidah-kaidah pendidikan sebagaimana disekolah formal.

Pendidikan luar sekolah (PLS) dapat dikategorikan menjadi 2, yaitu: 
1. Program keaksaraan untuk remaja dan pemuda
2. Program yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti magang, latihan prajabatan dan dalam jabatan, latihan lanjutan/profesional
3. Program eksternal, seperti pertanian dan industri kecil
4. Program pendidikan yang dirancang untuk pengembangan masyarakat seperti program pendidikan untuk memperbaiki kesehatan, dan memperbaiki mutu kehidupan penduduk.

Sampe disini kalian sudah paham belum apa itu pendidikan di luar sekolah? Semoga kalian paham dan mengerti ya. Baiklah saya akan lanjut. Di jaman yang serba canggih ini, menurut saya pendidikan diluar sekolah itu penting banget. Mengapa? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Pendidikan luar sekolah adalah suatu kebutuhan karena di Negara manapun di dunia termasuk Indonesia dimana sekelompok orang memerlukan layanan pendidikan selain dari pendidikan sekolah formal. Pendidikan luar sekolah itu diperlukan karena ketika mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk bersekolah di sekolah formal, sebelum mereka bersekolah di sekolah umum, setelah mereka menyelesaikan sekolah, bahkan ketika mereka sedang bersekolah.

Sebelum mereka masuk sekolah, kita kenal dengan pendidikan usia dini yang subjeknya seperti balita. Bagi mereka yang menyelesaikan sekolah, pendidikan dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti perkembangan jaman, baik didunia kerja maupun bukan, serta kemampuan mengisi waktu luang, pendidikan rekreatif, dan pendidikan profesi. Bagi mereka yang dengan segala macam alasan tidak berkesempatan bersekolah , pendidikan ini diperlukan untuk mengganti dengan pendidikan sekolah formal untuk mencari nafkah, agar mereka dapat bertahan hidup secara layak. Sedangkan bagi mereka yang sedang bersekolah, pendidikan ini berfungsi melengkapi atau menambah pengetahuan dan keterampilan tertentu karena disekolah hanya sedikit dia peroleh atau belum diperoleh sama sekali. Semua kebutuhan belajar yang dibutuhkan oleh kelompok-kelompok tadi dimaksudkan untuk meningkatkan kecakapan agar mereka mengatasi kesulitan-kesulitan hidup atau dengan kata lain dapat mengatasi tantangan lingkungannya baik lingkungan fisik maupun lingkungan social.

Pendidikan luar sekolah diperlukan supaya individu dalam lingkungannya dengan lingkungan social dan alamnya dapat secara bebas dan bertanggung jawab mendorong ke arah kemajuan, gemar berpartisipasi memperbaiki kehidupan mereka. Memperbaiki taraf hidup adalah tujuan yang ingin dicapai. Artinya, apapun yang dipelajari oleh orang-orang tersebut hendaknya mampu membantu mereka guna memperbaiki kualitas hidupnya secara nyata sekarang dan tidak dijanjikan dalam waktu lama atau yang akan datang. 

Pendidikan luar sekolah bertujuan untuk menciptakan subjek pembangunan yang mampu melihat-lihat sekitar, melihat-lihat masalah hidup sehari-hari, melihat potensi yang baik social maupun fisik. Selain itu, pendidikan luar sekolah bertujuan untuk memiliki kemampuan serta keterampilan memanfaatkan potensi yang ada dalam diri, kelompok, masyarakat, dan lingkungan untuk memperbaiki hidup dan kehidupan masyarakatnya. Dengan demikian, jelaslah diperlukan pendidikan diluar sekolah kepada individu ataupun kelompok-kelompok yang ada dimasyarakat atau komunitas tertentu.

Nah, adapun contoh pendidikan diluar sekolah adalah DUMET School. Apa itu DUMET School?
DUMET School adalah lembaga kursus yang bergerak di bidang pendidikan khususnya kursus website, digital marketing, dan desain grafis. Sampai saat ini DUMET School sudah memiliki lulusan lebih dari 8000 orang dari berbagai status dan profesi mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, guru, dosen, staff profesional, freelancer, dll. Cabang DUMET School pertama kali dibuka pada tahun 2013 yang sampai tahun 2018 sudah memiliki 5 cabang. Ke lima cabang tersebut berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok.
DUMETSchool memiliki visi dan misi. Misi dari DUMET School yaitu memberikan dampak positif dalam hidup orang banyak lewat Teknologi Informasi, bisa membantu dalam membentuk SDM yang ahli dalam IT, mewujudkan sistem pendidikan di Indonesia dan dunia yang berkualitas pada bidang Teknologi Informasi. Sedangkan visi DUMET School yaitu membangun sistem pembelajaran IT yang mudah di terapkan, mengembangkan metode dan materi belajar yang efektif dan efisien, serta harus selalu menjadi yang terdepan dan No. 1.
Instruktur DUMET School
Program apa saja sih yang di tawarkan pada kursus DUMET School?
Nah, kamu bisa memilih program yang ditawarkan DUMET School sesuai kebutuhan kamu. Adapun programnya antara lain : Web Master, Graphic Design, Digital Marketing, Web Programming, Web Design, Design For Kids, Coding For Kids, Motion Graphic, Mobile Apps

Terus, Kenapa sih kamu harus memilih DUMET School ?
DUMETSchool memiliki keunggulan antarara lain sebagai berikut :
1. Jadwal Fleksibel
Kamu bisa bebas memilih jam kursus sesuai dengan kebutuhan kamu.
2. Semi Private
Kamu tidak perlu khawatir, karena DUMET School tetap akan mengadakan kursus walapun ketika belajar dikelas hanya ada kamu sendiri dan kelas tetap dimulai.
3. Sampai Bisa
Ada lagi keunggulan dari DUMET School ini, kamu tidak perlu khawatir jika kamu susah atau lambat dalam belajar. Di DUMET Scholl kamu akan belajar sampai bisa, dan periode kursus tidak dibatasi oleh waktu.
4. Gratis Konsultasi
Jika kamu sudah lulus dari kursus di DUMET School, kamu masih bisa berkonsultasi kok. Bahkan kamu tidak perlu membayar biaya konslutasi tersebut alias gratis. Selain itu, kamu juga akan disupport seumur hidup.

Wah, keren banget kan kalo kamu kursus di DUMET School. Yuk segera daftar. Kamu juga bisa mendapatkan kelas gratis. Segera makanya daftar di DUMET School. More info bisa cek langsung website resminya di www.dumetschool.com.



10 Responses to "DUMET School Salah Satu Pendidikan Luar Sekolah Yang Sangat Penting Di Jaman Millenial Ini"

  1. Pendidikan di negeri ini memang sudah baik, bahkan jika dibandingkan beberapa tahun lalu, memang jauh lebih baik. Hanya saja kadang sistemnya yang kurang memuaskan.

    Jika ada waktu, mari mampir ke blog kami: ANEKA CARA BLOG

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan lebih baik lagi selain mendapatkan pendidikan di sekolah umum, kita juga mengasah kemampuan lain di pendidikan luar sekolah kak. Jika kita bisa mengikuti perkembangan jaman yg akan terus berkembang

      Delete
  2. Wah keren tuh mba, zaman sekarang emang perlu banget tuh pendidikan IT, apalagi buat remaja. Sayang belum ada di Bengkulu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, coba aja dibengkulu ada.. pengen ikutan deh

      Delete
  3. Boleh nih, eh perasaan pernah lihat tulisan dumet school deh, tapi lupa dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah. klo mbak liat dibengkulu kayak nya salah liat deh mbak. soalnya dibengkulu dumet school belum ada hehee

      Delete
  4. Pengen banget aku mbak dapat pndidikan dri luar yang tentunya lebih menantdang dan membuat kta makin berkembang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dek. mbak juga pengen, nambah ilmu dan nambah skills pastinya

      Delete
  5. Makin memperjelas pemahaman aku tentang PLS. Dulu aku waktu kuliah bingung itu sama jurusan PLS. Sekarang sudah banyak ya badan usaha salah satunya dumet

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup bener banget mbak. Semakin maju jaman, semakin banyak PLS Agar semakin bertambah juga ilmu serta skill kita

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel