Cara membuat atau memasang dokumen agar bisa di download pada blog



Seringkali kita ingin memposting blog dengan melampirkan file seperti dokumen yang berbentuk Word, Excel, PPT dan PDF agar pengunjung bisa mendownload file tersebut. Nah kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara Cara membuat atau memasang dokumen agar bisa di download pada blog.

Berikut adalah salah satu cara memasang (embed) dokumen berbentuk Word, Excel, PPT dan PDF pada blog Anda melalui google docs. Google docs merupakan media penyimpanan berbagai dokumen kita yang dapat dilihat secara langsung secara online tanpa mendownloadnya terlebih dahulu. Namun, Anda tetap bisa mendownload file tersebut dengan memilih download. 

Berikut adalah cara embed/ pasang dokumen google drive pada blog. 
A. Upload file ke google docs 
1. Login ke halaman Google Docs. Klik aja ini http://docs.google.com dengan account gmail anda.

2. Klik tombol Open File Picker (buka pemilih file)  yang berada di sebelah kanan yang dapat Anda lihat pada gambar dibawah ini.
Halaman Google Docs

3. Klik tombol Upload
Halaman open pemilih file

4. Setelah Klik tombol Upload, maka akan muncul tampilan menu Open file (buka file). Selanjutnya klik "Select a file from your computer" (pilih file dari komputer Anda)  atau tarik file yang ingin diupload ke layar komputer. Anda bisa mengupload File berupa file pdf, word, excel, maupun power point.
Halaman buka file 

5. Tunggu beberapa saat sampai file anda terupload semuanya (tergantung dari besarnya file serta kecepatan koneksi anda). 

6. Jika sudah terupload, anda bisa membagikannya pilih Bagikan atau Share pada bagian kanan atas, klik tindakan lainnya yang bertanda titik tiga, yang muncul seperti dibawah ini
File Yang sudah terupload di Google Docs

8.Setelah klik bagikan, maka akan muncul Halaman bagikan,  klik "dapatkan link yang bisa dibagikan". Nah otomatis link tersebut tercopy. 
Link file google docs

Langkah selanjutnya adalah memposting link file google docs ke blogger. 


B. Posting link file google docs ke blogger 

1. Login ke blogger anda.

2. Klik Entri Baru untuk membuat postingan baru


3. Buat judul dan isi konten pada halaman postingan


4.Tulis kata "Download" atau tulis kata sesuai yang Anda inginkan pada postingan yang akan dijadikan link untuk download file, kemudian block tulisan tersebut. 


5. Selanjutnya klik menu link di menu bar, maka akan muncul tampilan Edit Link. Paste kode google docs tadi pada Web address.  Klik Ok.
Tampilan halaman edit link
  7. Selesai, maka hasilnya seperti dibawah ini. 
Hasil pada blog 


Demikian artikel cara membuat atau memasang dokumen agar bisa di download pada blog. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara membuat atau memasang dokumen agar bisa di download pada blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel