7 Macam Tipe Teman


Siapa disini yang gak punya teman?Semua pasti punya teman. Hanya saja ada yang mempunyai teman sedikit ada juga mempunyai banyak teman. 

Teman merupakan sosok penting dalam kehidupan kita. Dengan pertemananlah juga akan menentukan karakter kita, pola pikir kita, dan bahkan agama kita. Kita berteman dengan siapa saja tanpa pandang apapun, entah status sosialnya, jabatannya, dan lain lain. Namun, dalam berteman, kita harus bisa menentukan mana yang baik dan mana yang buruk. Sifat atau perilaku teman kita yang kurang baik, hendaknya jangan ditiru, jadikan sebuah pelajaran untuk kita agar kita tidak melakukan keburukan seperti yang dilakukan teman kita. Selain itu, carilah teman dekat yang bisa mengajak kita selalu dalam kebaikan. Karena apabila  teman kita baik, maka insyaAllah kita juga akan ikutan baik akhlak dan Agama kita. 

Ada 7 macam tipe teman antara lain sebagai berikut :
1. Ta'arufan, 
Ta'arufan merupakan teman yang kita kenal secara kebetulan bukan disengaja, seperti ketika kita bertemu di kereta, halte bis, cafe, pasar, dan lain lain. 

2. Ta'ariihan,
T'ariihan merupakan teman karena faktor sejarah, seperti teman sekampung, teman sekost, teman se'almamater, dan lain lain. 

3. Ahammiyatan,
Ahammiyatan merupakan teman karena adanya kepentingan, seperti teman bisnis, teman politik, dan lain lain. 

4. Faarihan,
Faarihan merupakan teman karena mempunyai hobby yang sama, seperti hobby motor, travelling, nyanyi, futsal, basket, bola, senam, dan lain lain. 
teman sehobby travelling

5. Amalan, 
Amalan merupakan teman karena mempunyai profesi yang sama, seperti dokter, guru, dosen, petani, pedagang dan lain lain.
Teman seprofesi

6. 'Aduwwan,
' Aduwwan merupakan teman yg terlihat seperti baik, nah padahal teman yang tipe seperti ini sebenarnya penuh kekebencian. 

7. Hubban Iimaanan,
Hubban limaanan merupakan teman yang suka mengingatkan  kita serta mengajak kita selalu ke jalan Allah SWT,seperti teman liqo, teman pengajian, dan lain lain. 
teman yang mengajak kebaikan

Sudah tau kan tipe tipe teman. Dari ke 7 macam tipe teman ini, tipe teman pada nomor 1 sampe dengan 6 akan sirna di akhirat sedangkan teman yang akan membawa dan membantu kita ke surga adalah teman tipe nomor 7 yaitu Hubban limaanan karena teman tipe ini yang selalu mengingatkan  kita serta mengajak kita selalu ke jalan Allah SWT. 

Akan tetapi teman dengan tipe nomor 7 ini sering dipandang sebelah mata. Mengapa? Karena menurut banyak orang, teman macam tipe ini tidak menghasilkan manfaat duniawi seperti materi, tidak menjadi terkenal, dan lain lain. 

Dalam Alquran surat 49 ayat 10 :
"Pertemanan dan persahabatan yang dilandaskan karena Allah" (QS 49:10).

Maksud dari QS 49:10 adalah hendaknya kita melakukan pertemanan dan persahabatan yang dilandaskan karena Allah sehingga pastinya pertemanan tersebut akan menyelamatkan kita didunia dan juga diakhirat. 

Berikut hadis HR Ibnu Mubarokh :
"Apabila penghuni surga tdk menemui teman di dunianya, lalu bertanya kepada Allah SWT : "Yaa Rabb...kami tidak melihat sahabatku yang sewaktu di dunia, shalat bersama kami, puasa bersama kami dan berjuang bersama kami." Maka Allah SWT berseru : "Pergilah ke neraka, lalu keluarkan sahabatmu yang di hatinya ada iman walaupun hanya sebesar dzarrah."
(HR Ibnu Mubarokh)

Dari hadis diatas menjelaskan jika kita berteman dengan teman teman yang mengajak kebaikan, maka teman tersebut lah yang akan menolong kita di akhirat. 

Semoga pertemanan dan persahabatan kita selalu mengajak kepada jalan jalan kebaikan yang dilandaskan karena Allah, baik itu temen hobby, temen kampus/sekolah, kerja, kampung dan lain lain. Berteman lah dengan teman teman yang tidak melupakan Allah dan selalu mengingatkan Allah. 

0 Response to "7 Macam Tipe Teman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel