Pesona Pantai Panjang Bengkulu

Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang memukau. Tempat wisata dengan Keindahan alam Indonesia tidak kalah dengan keindahan alam di luar negeri. Salah satu keindahan alamnya adalah pantai. Pantai di Indonesia pun banyak.  Salah satunya adalah pantai yang ada di kota Bengkulu yaitu Pantai Panjang. Pantai panjang memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km dan lebar pantai (garis pasang dan garis surut) sekitar 500 meter. Maka dari itu, pantai ini disebut pantai panjang. 

Pantai Panjang Bengkulu sering dikunjungi oleh wisatawan baik masyarakat lokal atau masyarakat dari luar Bengkulu. Pantai panjang Bengkulu memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan pantai didaerah lainnya yaitu disekitar pantai panjang ini tumbuh pohon cemara dan pinus. Biasanya di pantai pantai lainnya banyak tumbuh pohon kelapa. Namun inilah salah satu keunikan pantai panjang Bengkulu. Pohon cemara dan pinus yang hijau menambah kesejukan mata ketika Anda berkunjung ke Pantai ini. 
Di Pantai Panjang ini Anda bisa menikmati sunrise pada pagi hari sambil berjogging di jogging track di pinggiran pantai. Di sore hari Anda bisa menikmati sunset sambil menikmati jagung bakar dan minum es kelapa muda. Sungguh nikmatnya. Bukan hanya jagung bakar dan es kelapa muda saja kuliner yang bisa kita beli di pantai panjang, tetapi banyak kuliner kuliner lain dijual disini. Ada bakso, mie ayam, bakso bakar, dan masih banyak kuliner lainnya dijajakan disini. Harganya pun terjangkau. Apalagi menikmati kuliner bersama dengan orang orang tersayang disertai deburan ombak dan laut yang biru membuat jiwa menjadi tenang. 
Menikmati sunset di sore hari

Ketika berkunjung ke pantai panjang Bengkulu jangan lupa foto di landmark nya pantai ini. Landmark yang bertuliskan Pantai Panjang dengan warna yang berbeda beda setiap hurufnya membuat foto Anda menjadi lebih menarik. 
Selfie di landmark nya pantai panjang Kota Bengkulu 

Anda juga dapat mengajak anak Anda ke Pantai Panjang ini untuk bermain sepeda. Banyak penyewa sepeda menyewakan sepeda mereka. Harganya mulai dari 20 ribu sampe 30 ribu rupiah untuk setiap sepedanya. Selain itu, Anda juga dapat menikmati pesisir pantai dengan naik delman. Biaya yang dikeluarkan untuk bisa naik delman adalah tiga puluh ribu rupiah untuk dua orang penumpang. Adapun rutenya dari depan Sport Center sampai ke ujung Pasir Putih. Anda juga bisa berfoto diatas delman untuk dijadikan kenang kenangan Anda dan diupload ke media sosial.

Baca juga : Taburan Warna Kehidupan di Pantai 

Naik delman mengelilingi pinggir pantai

Namun, pemerintah Bengkulu melarang mandi dipantai panjang. Ombak nya yang cukup besar bisa menyeret orang yang sedang mandi. Pantai panjang ini pernah menelan korban. Korbannya meninggal karena tenggelam terbawa arus ombak. Dengan demikian, pihak kepolisian membuat papan larangan untuk mandi dipantai panjang pada titik titik tertentu dan memberikan himbauan agar dapat berhati2 ketika bermain air dipinggir pantai. Apabila pengunjung ingin mandi dipantai, ada area pemandian pantai lainnya yaitu pantai jakat. Pantai jakat dinilai lebih aman dibandingkan pantai panjang jika untuk pemandian. 

Jadi itulah pesona pantai panjang Bengkulu. Namun, ada beberapa masukan agar Pantai panjang Bengkulu lebih bagus lagi yaitu buat Anda yang ingin berwisata ke pantai panjang Bengkulu hendaknya memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sebagai wisatawan hendaknya kita menjaga lingkungan pantai panjang agar tetap terjaga, bersih, dan rapi. Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamana wisatawan hendaknya perlu dibuat polisi pantai yang berpatroli menggunakan sepeda atau kendaraan penunjang lainnya. Dengan demikian polisi selalu siap siaga terhadap keamanan pantai Panjang Bengkulu.

Tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan nulis serempak dari Blogger bengkulu

2 Responses to "Pesona Pantai Panjang Bengkulu "

  1. Memang betul sekali teman, pantai panjang sebenar lebih indah dari pantai mana pun hanya saja pengelolaannya yang belum maksimal ok mari berlibur ke Bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bunda, hendaknya pemerintah dapat membangun fasilitas yg lebih bagus lg. dan masyarakat yang berkunjung juga harus bisa menjaga pantai agar tetap bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel