10 January 2019

Rahasia Menurunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan/ diet

Berbagai upaya untuk menurunkan berat badan. Banyak yang putus asa. Berbagai upaya telah dilakukan. Seperti berolahraga berat lebih lama untuk membakar lemak. Berhasilkah cara itu?  Olahraga berat dalam waktu lama membakar lemak sekaligus otot. Akibatnya terbentuk ronggga dalam otot seiring penurunan bobot badan.  Saat tubuh mendapat asupan makanan berlebih, maka rongga dalam otot diisi lemak. Sehingga, bobot tubuh gampang naik karena pembentukan otot jauh lebih sulit ketimbang pembentukan lemak.

Menurunkan bobot badan itu mudah asal tahu rahasianya. Rahasianya adalah mengubah gaya hidup menjadi sehat. Ada dua pilar utama gaya hidup yang harus diubah yaitu :
1. Mengatur pola makan
2. Banyak beraktivitas alias olahraga
Olahraga

Yang pertama adalah mengatur pola makan
Banyak orang keliru ketika menjalankan diet makanan. Kebanyakan mereka menghindari lemak. Padahal, tidak semua lemak memicu penimbunan lemak. Lemak yang kita makan ditumpuk dalam tubuh sebagai cadangan energi. Jadi, berhati-hatilah mengurangi lemak, karena lemak itu baik. Lemak seperti omega 3 dari minyak zaitun justru membakar lemak yang tidak baik. Lemak yang baik juga memproduksi hormone leptin. Hormon leptin memberi tahu  otak rasa kenyang sehingga tubuh tak menghendaki makanan.

Ada rumus 3 J agar makan secara cerdas  yaitu cukup memperhatikan :
  1. Jumlah makanan
  2. Jadwal makan
  3. Jenis makan
Baiklah, kita akan bahas satu persatu
1. Jumlah makanan
Tak perlu kesulitan menghitung jumlah kalori yang harus masuk kedalam tubuh. Cukup kurangi porsi makan ¼ dari porsi makan semula. Lalu timbang bobot tubuh setiap pecan. Bila bobot tubuh berkurang, proses itu diteruskan hingga porsi makan serengah dari semula.

2. Jadwal Makan
Makanlah tiga kali sehari dengan porsi yang setara. Jangan pernah telat makan. Yang juga menjadi kunci adalah jangan makan malam terlalu malam. Makanan yang dikonsumsi menjelang tidur memperlambat metabolism dan menambah berat badan.

Cara mudah : makan malamlah lebih awal maksimal 2 jam sebelum tidur. Cobalah juga makan lebih ringan pada malam hari.
Sebaiknya porsi sarapan lebih banyak ketimbang jumlah makan malam hari. Mencukupi kebutuhan energi pada awal hari membantu menurunkan bobot badan sekaligus mempertahankan penurunan itu. Selain itu, kalori yang masuk pada awal hari cenderung lebih banyak terbakar karena aktivitas harian.

3. Jenis Makanan
Untuk mengurangi berat badan bukan berarti mengurangi proporsi gizi seimbang. Misalnya mengurangi lemak, mengurangi karbohidrat, dll. Pengurangan sumber energy itu salah. Makanan harus bergizi seimbang dengan proporsi karbohidrat 50-60%, protein 20-25%, dan lemak 20-25%. Yang terpenting justru memilih karbohidrat, lemak dan protein yang tepat.
Gizi Seimbang
Ada 2 jenis karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Selalu pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau kentang rebus yang dikonsumsi bersama kulit. Prinsipnya karbohidrat kompleks dicerna dan diserap  lebih lambat. Proses pencernaan di usus yang lambat secara otomatis membakar kalori yang terkandung dalam karbohidrat.

Sebaiknya hindari karbohidrat sederhana, seperti gula pasir, sirup, gula jawa, maduk, dan produk tepung-tepungan seperti mie, bihun, kwetiau, dan roti putih. Mereka terlalu gampang diserap sehingga bila tubuh tak digerakkan bakal ditimbun.



0 comments:

Post a Comment