02 January 2019

Tips Menulis Konten Blog


Tips menulis konten blog adalah sebagai berikut :
1. Pilihlah tema yang sesuai
Tema yang sesuai berarti tema tersebut Anda kuasai atau setidaknya telah Anda pelajari dan bersamaan dengan itu tema tersebut juga dibutuhkan oleh banyak orang.

2. Pecahkan suatu masalah
Orang mencari informasi untuk memecahkan masalah mereka. Mereka mengetikkan suatu kata si search engine untuk mencari solusi dari masalah mereka. Bila Anda telah berkecimpung dalam suatu hal Anda tentunya bisa menentukan masalah masalah yang akan dihadapi oleh banyak orang.

3. Fokus lah
Sejak menentukan tema apa akan Anda angkat, usahakan fokus di tema tersebut. Misalkan Anda memilih tema "make money from home", usahakan minimal 75% postingan Anda tetap berada dalam tema tersebut.

4. Menulislah sambil belajar
Menulis sambil belajar adalah hal terbaik agar yang dipelajari cepat lengket di kepala

5. Tentukan target pembaca blog Anda
Dengan menentukan target pembaca Anda akan lebih mudah dalam menentukan topik topik postingan yang akan dibahas.

6. Jangan copy-paste
Copy-paste tentu saja tidak disukai baik oleh si pemilik tulisan asli, oleh search engine maupun pembaca, terutama yang sudh pernah membaca tulisan tersebut.

7. Mengalir lah
Jika Anda sudah ngeblog, maka itu akan menjadi bagian kehidupan Anda. Tiap hari atau minimal seminggu sekali tentunya Anda akan mengisi postingan Anda. Oleh karena itu, lakukan dengan ketulusan dan jangan terburu buru. Buatlah suasana ngeblog yang nyaman. Ibarat kan Anda sedang berbicara langsung dengan para pengunjung blog Anda. Dengan itu semua, kata kata Anda akan mengalir terus dengan gaya bahasa yang santai dan lebih menyentuh ke hati pembaca Anda. Anda tidak akan pernh sulit lagi dalam menentukan kata-kata.

8. Pilihlah bahasa
Anda harus menentukan dari awal, apakah anda akan ditulis dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia. H ini tentu akan berhubungan sekali dengan target pembaca anda dan program Moneytizing yang akan Anda gunakan. Bila Anda visa, utamakan membuat og dalam bahasa Inggris. Hal ini mengingat ruanv lingkup pembaca blog Anda akan lebih banyak dan tentu saja akan lebih banyak program Moneytizing yang bisa Anda ikuti. Namun, jika Anda berniat membuat blog dalam bahasa Indonesia, hal ini juga sangat baik karena belakangan program program monetisasi  berbasis bahasa Indonesia mulai berkembang pesat.

9. Ajaklah orang lain untuk berkomentar diblog Anda dan aktiflah dalam menanggapi setiap komentar.
Keaktifan Anda dalam menanggapi komentar akan membuat pengunjung merasa dihargai dan bisa jadi tanpa Anda mintapun mereka akan sering berkunjung ke blog Anda bahkan. blog anda dengan memberikan link dari blog sipengunjung tadi.

10. Pilihalah juduk postingan yang menarik dan mewakili isi postingan
Judul postingan juga sangat mempengaruhi posisi blog Anda di search. Jadi, buatlah judul yang kira kira akan diketikkan seseorang ketika mencari sesuatu di search engine

11. Promosikan blog Anda dan lakukan teknik SEO sederhana

Itulah 11 cara tips menulis kontek blog. Semoga bermanfaat.

sumber : Ferdianto, Hengki. 2010. 111 Cara menghasilkan Uang dengan blog. Yogyakarta : C. V Andi Offset. 

2 comments:

  1. Keren anak bunda yang satu ini, kreatif, jeli melihat situasi, semangat yach... julia cm bunda kok susah nian karena penguasaan bahasa indoneia bunda yang lemah

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bunda, julia juga masih belajar bunda, masih banyak kekurangan juga julia. Bunda juga bagus kok tulisannya. Serius deh.

      Delete