25 January 2019

8 Tips Cara Mengatasi Masalah Baterai Handphone Yang Tidak Mau Terisi Dengan Benar Ketika Di Cas

Handphone yang tidak bisa mengisi ketika dicas dengan benar bahkan lebih buruk lagi ketika handphone tidak mengisi sama sekali pasti sangat menyebalkan. Banyak orang ketika masalah tersebut terjadi, mereka langsung membawanya ke tempat service handphone. Padahal sebenarnya ada solusi yang jauh lebih sederhana dari yang kita pikirkan. 
Permasalahan handphone yang mengisi sangat lambat atau mungkin tidak mengisi sama sekali bukan berarti baterai Anda tidak berfungsi lagi atau pengisi baterai telah mematikan baterai Anda. 

Ada beberapa tips cara mengatasi masalah baterai Handphone yang tidak mau terisi dengan benar ketika di cas sehingga membuat baterai handphone Anda hidup dan berjalan, tanpa harus ketempat service. 

1.Periksa Port USB

Pengisian baterai handphone dapat berpengaruh ketika bagian dalam port USB dan pengisi daya tidak terhubung atau bersentuhan dengan benar. Memasukkan dan mengeluarkan pengisi baterai secara terus-menerus ke dalam port dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras 

Nah, Anda dapat mengatasi dengan mematikan handphone Anda dan keluarkan baterainya. Setelah selesai, yang perlu Anda lakukan adalah mengambil tusuk gigi dan manuver tab kecil di dalam port USB kemudian Anda angkat sedikit lebih tinggi. Dengan demikian, masalah pengisian baterai Anda akan selesai ketika Anda me-restart handphone Anda.

Masalah umum lainnya adalah ketika ada penghalang yang ada di port USB,seperti ada bagian kecil dari sepotong kain pada saku celana jeans Anda atau penghalang lainnya. Penghalang tersebut dapat menjadi penghalang antara pengisi baterai dan port USB. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Anda cukup menghembuskan tiupan sederhana ke port USB. 

2. Aplikasi yang Baru Diunduh

Banyaknya aplikasi pihak ketiga yang tersedia pasti membuat hidup jauh lebih mudah. Namun, ada beberapa aplikasi yang bisa mendatangkan malapetaka dalam pengisian baterai handphone Anda. Jika Anda mengunduh aplikasi yang kemudian menimbulkan permasalahan dalam pengisian baterai, maka sebaiknya Anda menghapus aplikasi tersebut. 

Aplikasi pihak ketiga yang diinstal dari PlayStore tidak menjamin bahwa aplikasi tersebut aman untuk handphone Anda. Karena beberapa aplikasi yang telah terinstal dapat membuat baterai menjadi boros bahkan mengganggu proses pengisian baterai handphone Anda.

3. Kerusakan Perangkat Lunak

Kerusakan perangkat lunak merupakan masalah yang sulit dideteksi. Kadang-kadang, handphone tidak bisa mengisi daya lagi disebabkan karena kabel, charger, soket pengisian daya dan lain lain. 
Jika pada perangkat keras tidak ada masalah, berarti kemungkinan penyebab tidak bisa mengisi daya ketika di cas adalah kerusakan perangkat lunak. 
Jadi, cara menyelesaikan masalah ini dengan Hard Reset handphone Anda. 

4. Periksa kabelnya

Kabel charger yang salah dapat menyebabkan masalah pengisian daya. Sementara adaptor utama pengisi daya cukup kuat dan tahan uji waktu, hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang kabel pengisian daya.

Kabel yang berjumbai bisa menjadi penyebab permasalahan tersebut. Anda bisa mencoba dengan menggunakan kabel lainnya untuk mengetahui apakah permasalahan nya disebabkan pada kabel chareger atau bukan. Jika handphone diisi dengan kabel lain bisa maka kemungkinan kesalahan terjadi pada kabel charger Anda. 

5. Adaptor Steker Dinding

Jika bukan kabel maka bisa jadi penyebabnya adalah pada adaptor yang Anda colokkan ke soket listrik. Lebih baik Anda memiliki charger di mana kabel dan adaptor nya terpisah. Coba Anda gunakan kombinasi adaptor dan kabel pada beberapa perangkat lain untuk memeriksa apakah ada kesalahan pada charger handphone Anda.

6. Periksa Listrik Anda

Ini mungkin terlihat agak konyol, tetapi seringkali kita mengabaikan penyebab paling jelas dari masalah kita. Sumber listrik Anda bisa menjadi masalah di sini. Seringkali saat catu daya berfungsi untuk hal-hal lain, itu mungkin tidak cocok untuk charger ponsel Anda. Cobalah mengisi daya handphone Anda di soket lain. 

7.Pembaruan perangkat lunak

Baik iOS dan Android menghadirkan pembaruan perangkat lunak secara teratur untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. Perangkat baru pasti dapat memperoleh manfaat dari pembaruan semacam itu, tetapi seringkali ponsel yang lebih tua tidak mampu mengelola tuntutan yang lebih tinggi dari perangkat lunak yang ditingkatkan. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah, salah satunya adalah tingkat pengisian yang lebih lambat.

Untuk memperbaiki masalah tersebut,  Anda hanya mengembalikan pembaruan ke versi yang lebih lama di handphone. 

8. Belilah charger yang berkualitas dan bermerk

Ini adalah beberapa penyebab yang paling sering muncul untuk masalah pengisian baterai. Penting untuk diingat bahwa baterai yang dirawat dengan buruk dapat menimbulkan risiko parah termasuk ledakan perangkat Anda. Jangan pernah membeli charger atau kabel murah. Lebih baik Anda membeli charger dengan merek yang telah dicoba dan diuji dengan keamanan maksimal.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda tidak pernah mengisi daya ponsel sepanjang malam karena ini dapat menyebabkan panas berlebih dan ledakan. 

Dengan tips sederhana ini semoga dapat membantu Anda mengatasi masalah yang terkait dengan pengisian baterai. 

0 comments:

Post a Comment