31 January 2019

6 Makanan dan Minuman Yang Bisa Buat Daya Tahan Tubuh Kamu Meningkat


Di musim yang tak menentu seperti sekarang ini, kadang hujan, kadang panas nya kebangetan, membuat anak kecil, remaja, dewasa bahkan orangtua mudah terserang berbagai penyakit. Cuaca yang tidak menentu ini membuat virus dan bakteri berkembang sangat cepat. Ditambah daya tahan tubuh kita juga ikut menurun. Dengan daya tubuh yang menurun, maka dengan mudah bakteri dan virus menyerang tubuh kita sehingga kita terkena berbagai penyakit ,seperti flu, batuk, atau gangguan saluran pernapasan, demam berdarah, dan lain lain.

Jika kita sudah sakit, pastinya akan menghambat produktivitas kerja kita,semuanya jadi terbengkalai. Nah, untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya kita mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh :

1. Jeruk
Buah jeruk adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin C dalam jeruk tersebut dapat membantu membangun kembali sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam peningkatan produksi sel darah putih. 
www.pixabay.com
Nah sudah tau kan kandungan dan manfaat dari buah jeruk. Yuk konsumsi setiap hari minimal 1 buah jeruk saja.

2. Bawang putih
Bawang putih adalah nama tanaman dari genus Allium. Bawang putih ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Manfaatnya antara lain untuk memerangi infeksi, menurunkan tekanan darah, dan memperlambat pengerasan pembuluh darah. Selain itu, bawang putih memiliki kandungan allicin. Kandungan allicin inilah yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita.

3. Bayam
Bayam adalah salah satu dari berbagai jenis sayuran. Bayam ini kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan beta karoten. Kandungan tersebut dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.
www.pixabay. com

4. Yogurt
Yogurt adalah susu yang dibuat dari fermentasi mikroorganisme khusus. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk sari kacang kedelai. 
www.pixabay.com
Yogurt merupakan sumber vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan menjadi pertahanan alami terhadap penyakit. Yogurt tawar yang dipadukan dengan buah-buahan sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Teh hijau
Teh hijau merupakan nama teh yang dibuat dari daun tanaman teh yang dipetik dan mengalami proses pemanasan untuk mencegah oksidasi. Teh hijau mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, teh hijau mengandung kadar epigallocatechin gallate, asam amino L-theanine yang dapat melawan virus dan bakteri.

6. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari termasuk dalam jenis biji-bijian. Biji bunga matahari ini mengandung fosfor, magnesium, dan vitamin B6. Selain itu, biji bunga matahari mengandung vitamin E yang dibutuhkan tubuh untuk melawan penyakit.

Itulah 6 makanan dan minuman yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tetapi, alangkah baiknya jika kita juga mengimbanginya dengan berolahraga dan beristirahat yang cukup.

2 comments: