02 December 2018

Tips Membaca Buku Yang Nyaman


Minat membaca buku rakyat Indonesia sekarang ini memang tergolong rendah. Di lihat dari berbagai faktor yang mempengaruhi. Sekarang, orang orang lebih memilih melakukan aktivitas lain seperti melihat akun sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter atau lainnya dibandingkan membaca sebuah buku.

Saya juga adalah salah satu orang yang termasuk masih kurang minat baca. Mengapa? Karena setiap saya baca buku, mata saya cepat mengantuk dan akhirnya saya menyudahi membaca buku. Padahal rugi sekali jika kita tidak membaca buku karena melalui bukulah kita bisa mendapat pengetahuan dan informasi yang sangat luar biasa. Dengan membaca buku membuat kita yang belum tau menjadi tau. Membaca buku juga akan mengasah otak kita untuk menghindari kepikunan dimasa tua nanti. 
Untuk itu, ketika kita ingin membaca buku, hendaklah memasang niat atau komitmen. Pasang niat yang kuat ketika membaca buku. Kalau sudah ada niat, kita pasti akan cari segala cara upaya supaya hal itu bisa terwujud. 

Membaca buku yang nyaman juga diperlukan tips. Adapun tips nya saya uraikan dibawah ini. 

1.Pilih tempat yang nyaman
Pilih lah tempat yang tepat ketika membaca buku. Hanya diri kita sendiri yang tau tempat yang nyaman untuk membaca. Kalau saya biasanya menyempatkan waktu ke perpustakaan daerah. Di perpustakaan daerah Bengkulu, banyak terdapat buku. Baik buku filsafat, teknologi, sastra, agama, bahkan novel dan masih banyak lagi buku lainnya. Selain itu, saya adalah tipe orang yang ketika membaca butuh kenyamanan dan suasana yang tidak terlalu ramai. Di perpustakaan daerah, suasana nya tidak ribut. Selain diperpustakaan, saya biasanya juga membaca buku didalam kamar. 

Sebenarnya membaca buku bisa dimana saja. Sesuai dengan selera masing masing. Yang pasti carilah tempat yang membuat rasa nyaman ketika membaca. Mungkin kamu suka membaca buku di kamar, di kampus, di cafe atau tempat lainnya. Ya karena setiap orang pasti berbeda beda memilih tempat yang nyaman untuk membaca buku.

2. Pilih waktu yang tepat
Selain itu, tips membaca buku yang saya lakukan adalah memilih waktu yang tepat. Kita sendiri yang tau kapan waktu yang tepat untuk membaca buku. Biasanya saya memilih waktu dipagi hari yaitu dari jam 8 sampe jam 12 siang. Karena menurut saya, otak lebih cepat menyerap ilmu terhadap bacaan yang kita baca dibandingkan dengan waktu lainnya. Apalagi kalo disore hari, menurut saya waktunya kurang efektif karena biasanya otak sudah mulai lelah. Jadi otak kita agak susah menyerap ilmu terhadap bacaan yang kita baca. Jadi pilihlah waktu yang tepat ketika kamu membaca buku. 

3.Jauhi aktivitas yang dapat mengganggu saat membaca
Jauhi apapun yang bisa menganggu saat  membaca. Jauhi membuka akun media sosial seperti instagram, Facebook, Twitter, atau mantengin grup chat wa,dan lain lain. Pokoknya jauhi kegiatan kegiatan yang kurang berfaedah. Dengan begitu, kita bisa fokus menyelesaikan bacaan kita.

4.Tidak perlu terburu buru
Membaca buku tidak perlu terburu buru. Kita tidak perlu berpikir kapan selesai membacanya, tetapi teruslah membaca. Pasti halaman terakhir dari buku yang kita baca akan terlewati. 

5.Penerangan yang baik
Penerangan sangat dibutuhkan juga ketika membaca buku. Apabila penerangan tidak baik, maka membuat mata menjadi tidak nyaman, bahkan bisa merusak mata kita. 

6.Istirahat
Oh ya, jangan lupa istirahat ketika membaca buku. Kadang ketika keasyikan membaca, jadi lupa diri untuk istirahat. Padahal mata dan tubuh juga butuh untuk istirahat. Jadi istirahat lah sejenak. Apabila sudah fresh, kembalilah membaca buku. 

Itulah tips agar kita nyaman ketika membaca buku. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tulisan ini untuk menjawab tantangan dari blogger bengkulu




2 comments: