16 December 2018

Sarapan Favorite Andalan Saya

Sarapan favorite? 
Ya, biasanya kebanyakan orang sarapan dengan roti tawar dan segelas susu. Sedangkan saya sangat jarang sekali bahkan bisa dikatakan tidak pernah sarapan dengan roti tawar, tetapi saya minum segelas susu setelah saya makan nasi dan lauk pauknya. Jadi saya sarapan biasanya dengan nasi ditambah lauk pauknya. 
salah satu lauk pauk untuk sarapan

Ibu saya biasanya masak untuk sarapan pagi sekaligus untuk makan siang. Setiap pagi ibu saya masak lauk pauknya ganti ganti. Biar gak bosan pastinya ya. Tetapi masakan yang jadi sarapan favorite saya adalah ikan kape kape digoreng dan sayur tumis kangkung. Agar empat sehat lima sempurna terpenuhi, setelah sarapan saya minum segelas susu. Sebenarnya tidak hanya lauk pauk itu saja, lauk pauk yang lain juga saya makan. Yang penting apapun yang dimasak ibu saya, saya makan.
minum segelas susu

Masakan yang paling cepat dimasak ibu saya untuk sarapan pagi yaitu telor dadar. Meskipun terkadang hanya makan nasi dengan telor dadar. Hm, jangan salah, makan nasi dengan telor dadar bagus loh. Berikut informasi kandungan gizi dari 1 porsi besar telor dadar
informasi gizi 1 porsi telor dadar

Walaupun telor dadar bagus untuk kesehatan, jangan pula Anda makan setiap hari. Bisa bisa Anda bosan. Haha. Makannya seling seling setiap hari, jangan tiap hari ya.

Tapi, jika saya memang lagi terburu buru untuk pergi beraktivitas, saya sarapan dengan roti. Roti apa saja yang ada dirumah saya makan. Tidak mesti roti tawar. Dan tidak lupa saya minum segelas air putih. Itu kalo memang terburu buru dan tidak ada waktu lagi untuk makan nasi seperti biasanya. 

Ketika saya pernah belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare Kediri, Jawa Timur, saya punya sarapan favorite. Sarapan favorite saya disana adalah naning. Naning? 
Apa itu naning? 
Eits bukan nama orang ya. 
Tapi naning itu nasi kuning hehe. 
Ya itulah sebutan mbak mbak yang jual naning dipagi hari ke camp tempat tinggal saya selama di Pare. Nasi kuning dengan mie, telur diiris iris dan sambal tempe nya enak sekali. Harganya pun murah yaitu 5000 rupiah. Ukuran porsi nya pas untuk ukuran porsi wanita. Tidak banyak dan tidak terlalu sedikit. Makanya naning jadi sarapan favorite saya disana. Tapi karena saya udah pulang ke Bengkulu, saya gak pernah lagi sarapan naning seperti di Pare. 

Sarapan sebelum beraktivitas akan menambah kekuatan atau energi kita untuk melakukan aktivitas di pagi hari sebelum makan siang. Saya selalu sempatkan sarapan karena selain memang bagus untuk kesehatan, sarapan juga membuat maagh saya tidak kambuh. Kalo punya penyakit magh perut tidak boleh kosong. Makan harus teratur, sarapan atau makan pagi, makan siang dan makan malam. 

Anda harus usahakan sarapan karena sarapan selain menambah energi atau kekuatan untuk mengawali aktivitas sehari hari, sarapan juga memiliki manfaat lainnya. Manfaat nya antara lain tubuh terhindar dari beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung,diabetes, magh, lambung dan bahkan penyakit lainnya. Dengan sarapan pagi juga akan menjaga konsentrasi otak. 
Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir dan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita beristirahat. Itulah beberapa manfaat dari sarapan pagi. 

Sementara untuk sarapan favorite sudah saya jelaskan diatas. Bagaimana dengan kamu?

Oh ya, tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan nulis serempak dari Blogger Bengkulu

0 comments:

Post a Comment