03 December 2018

Pengaruh Buruk Sosial Media Bagi Anda Yang Melihatnya Atau Memposting

Di jaman modern seperti sekarang ini banyak teknologi canggih yang baru diciptakan. Salah satu teknologi yang sedang maju sekarang ini adalah aplikasi mobile. Para pencipta aplikasi mobile berlomba lomba membuat aplikasi untuk mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Aplikasi mobile yang sering di download masyarakat adalah aplikasi media sosial. Media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram atau media sosial lainnya. Namun, dampak buruk dari pembuatan aplikasi itu pastilah ada. Salah satunya menyebabkan Anda bisa menjadi stres bahkan bisa melakukan perbuatan yang tidak baik.  Memang segala sesuatu mempunyai dampak baik maupun buruk. Tetapi ketika Anda dilanda suatu permasalahan dalam diri Anda kemudian Anda melihat akun media sosial maka ini bisa membuat batin Anda akan mudah sekali terpengaruh. Jika Anda tanpa sengaja melihat kebahagiaan teman  Anda atau siapapun itu yang Anda lihat di media sosial Anda, maka secara otomatis Anda juga ingin seperti teman Anda. Anda ingin seperti kondisi mereka.
membuka media sosial instagram 

Seperti kasus berikut, Anda adalah seorang pengangguran, kemudian Anda melihat teman Anda yang sudah bekerja dan memposting foto nya bersama teman teman kerjanya, otomatis Anda ingin juga seperti teman Anda yang sudah bekerja. Timbullah rasa frustasi dalam diri Anda pada keadaan yang Anda alami sekarang. Apalagi susahnya Anda mendapatkan pekerjaan akan memicu frustasinya kejiwaan Anda.

Kasus lain, ketika Anda melihat teman Anda yang memposting lagi liburan di luar negeri atau tempat wisata populer di Indonesia, secara otomatis Anda merasa iri dan Anda ingin juga bisa liburan kesana.

Atau kasus ketika Anda memfollow online shop seperti baju, gadget, atau lainnya. Pasti Anda ingin membelinya ketika Anda melihat baju yang lucu dan harganya murah. Anda ingin membelinya, padahal baju dilemari jarang terpakai. Ini akan membuat Anda menjadi boros.

Untuk Anda yang memposting pun juga kadang memberikan dampak yang buruk. Anda terkadang tidak sengaja membuat orang iri atas apa yang telah Anda posting. Terkadang pula Anda memamerkan atas apa yang Anda posting. Misalkan kecantikan Anda yang Anda tampakkan dari foto yang Anda posting. Itu termasuk kedalam sifat buruk yaitu ujub. Artinya membanggakan apa yang dimiliki. Anda sudah mendapatkan dosa dari Allah. Selain itu, bisa juga ketika Anda memamerkan sebuah foto yang Anda sedang menyetir mobil baru Anda. Ini tanpa sengaja akan membuat iri orang yang melihat postingan Anda tersebut. Atas semua yang Anda posting, bukan hanya dapat berdampak buruk bagi diri sendiri bahkan dapat berdampak buruk bagi orang lain, ditambah lagi Anda akan mendapat dosa dari Allah Subhanawata’alah.

Media sosial akan memberikan dampak buruk bagi yang memposting maupun yang melihatnya. Bagi seorang wanita yang memposting foto dirinya dengan pakaian yang seksi maka wanita tersebut akan mengundang nafsu bagi pria. Disinilah terjadi zina mata. Foto wanita yang seksi ketika dilihat oleh lelaki maka berdosalah wanita tersebut. Begitu juga lelaki yang melihat wanita seksi tersebut maka lelaki tersebut akan mendapatkan dosa dari Allah.

Ya masih banyak lagi dampak buruk dari media sosial. Memang sebenarnya tergantung dari pribadi masing masing bagaimana cara mengendalikannya. Tetapi sebaiknya Anda jangan terlalu aktif menggunakan media sosial. Gunakanlah sewajarnya saja. Follow lah akun akun yang berfaedah, seperti akun tentang ceramah agama, akun tentang motivasi hidup, atau lainnya.

0 comments:

Post a Comment