15 December 2018

Pengalaman Tes SKB CPNS Dosen UNIB 2018


Untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), kita harus melewati beberapa tahap
  1. Mendaftar secara online di web bkn
  2. Mengirim berkas
  3. Pengumuman administrasi berkas, jika lulus maka bisa lanjut tahap tes SKD
  4. Tes SKD
  5. Pengumuman kelulusan Tes SKD, jika lulus maka lanjut tes SKB. Berikut pengumuman kelulusan SKD dan keterangan dapat mengikuti tes SKB. 
      
  6. Tes SKB
Ketika kita dinyatakan lulus  SKD maka kita dapat mengikuti tes SKB. Sebelum tes SKB hendaknya menyiapkan diri. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya ketika ikut tes SKB cpns dosen UNIB. 

Tes SKB dosen terdiri dari tes
a. Kemampuan bidang
b. Micro teaching
c. Wawancara 
d. Kesehatan

Baiklah saya akan menjelaskan satu persatu dari tes SKB.

a. Tes kemampuan bidang
Pada saat mengikuti tes kemampuan bidang ini, kita harus membawa papan LJK, pena, atau pensil, KTP, kartu ujian, Daftar Riwayat Hidup (CV) yang ditulis tangan sendiri, surat keterangan kesehatan dokter dari rumah sakit pemerintah atau puskesmas terdekat.

Tes kemampuan bidang CPNS dosen UNIB dilakukan di Ruang Utama rektorat UNIB. Disana akan berkumpul dengan peserta dari berbagai formasi. Kita harus datang 1 jam sebelum tes dimulai. Tes akan dimulai pada pukul 9.00 WIB. Jadi, saya harus tiba disana jam 8 karena sebelum tes kita harus mengisi daftar hadir dan juga ada pengarahan tentang tes SKB dari panitia. Jam 9.00 tes dimulai, untuk soal pastinya soal tentang bidang saya yaitu teknik informatika /sistem informasi. Ada 100 soal mengenai materi kuliah S1. Kisi soal nya antara lain mengenai rekayasa perangkat lunak, basis data, jaringan, algoritma, metode sistem pakar antara lain seperti hill climbing, tree, alpha beta pruning,dan materi lainnya. Waktu mengerjakan soal hanya 90 menit saja. Begitulah penjelasan mengenai tes kemampuan bidang. 
Tanda tangan daftar hadir

b. Micro teaching 
Tes micro teaching dilaksanakan hari berikutnya setelah tes kemampuan bidang. Kita harus mempersiapkan bahan presentasi yang kita kuasai. Karena kita akan di tes mengajar. Penguji tes dari dosen bidang saya yaitu Ka Prodi Teknik Informatika, Ka Prodi Sistem Informasi, dan Dekan Teknik. Penguji tersebut seolah olah menjadi mahasiswa. Yang dinilai banyak antara lain sikap, keahlian menggunakan alat, berinteraksi dengan mahasiswa, berkomunikasi, menggunakan bahasa asing dll. Ketika tes pasti akan ada tanya jawab. Tes ini dilaksanakan sekitar 20-30 menit.
menunggu giliran tes micro teaching 

c. Tes Wawancara 
Tes wawancara diadakan dihari yang sama dengan tes micro teaching. Setelah selesai tes micro teaching dilanjutkan tes wawancara. Pertama kali kita akan menjelaskan tentang diri kita. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan  seperti motivasi menjadi dosen, tentang penelitian, dan ada juga soal kasus. Wawancara berlangsung sekitar 15 menit.

d. Tes Kesehatan 
Untuk tes kesehatan hanya mengumpulkan surat keterangan kesehatan dokter dari rumah sakit pemerintah atau puskesmas terdekat pada saat tes kemampuan bidang.

Jadi itulah pengalaman saya ketika mengikuti tes SKB CPNS Dosen UNIB. Memang harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes ini agar hasil nya baik. Jangan lupa juga berdoa dan meminta restu dari orang tua kita. Untuk hasilnya pasrahkan kepada Allah Subhanawata’alah.

0 comments:

Post a Comment