28 December 2018

Pengalaman belajar bahasa Inggris di Mr. Bob Kampung Inggris Pare


Didepan gedung kelas Mr.Bob

Saya Julia. Asal saya dari Bengkulu. Saya merantau ke Kota Semarang untuk melanjutkan kuliah di Universitas Diponegoro. Saya menyelesaikan kuliah saya pada tgl 6 Juni 2018 dan wisuda pada tanggal 8 Agustus 2018.

Setelah wisuda, saya memiliki pemikiran untuk belajar bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare. Selain agar bisa berbahasa inggris, Kampung Inggris Pare tidak jauh dari Semarang jika dibandingkan dari daerah asal saya Bengkulu.

Saya awalnya juga bingung lembaga kursus mana yang akan saya pilih. Teman saya bilang bahwa dikampung Inggris memiliki banyak lembaga kursus. Saya meminta saran dari teman saya yang sudah pernah belajar bahasa inggris disana. Selain itu, saya juga baca review dari internet lembaga kursus mana yang bagus di sana.

Akhirnya saya memutuskan untuk memilih lembaga kursus Mr. Bob. Beberapa alasan karena menurut teman saya Mr. Bob belajarnya tidak kaku dan belajarnya happy. Sedangkan saya ingin belajar yang tidak tegang, dan saya tidak ingin belajar bahasa inggris dengan adanya tekanan. Begitu juga hasil review yang saya dapatkan dari Internet tentang Mr. Bob sama alasannya seperti yang teman saya bilang.

Saya mengambil paket 1 bulan dengan program 6 up. Adapun program 6-Up yaitu 
Program 2 minggu pertama
Program camp/asrama
1. Morning club (mulai jam 5 pagi sampe jam 6 pagi) 
2. Diary Up (jam 7 malam sampe selesai) 
3. Evening Club (jam 4 sore sampe jam 5 sore)

Program kelas
4. Speak up 1
5. Tic Talk
6. Pronoun 1/2

Program 2 minggu kedua
Program camp/asrama
1. Morning club (mulai jam 5 pagi sampe jam 6 pagi) 
2. Diary Up (jam 7 malam sampe selesai) 
3. Evening Club (jam 4 sore sampe jam 5 sore)

Program kelas
4. Speak up 2
5. Go Go Talk
6. Pronoun wow
Foto bersama teman kelas pronoup 1/2 Mr. Bob

Untuk jadwal program kelas akan diberikan sebelum masuk program kelas. Nanti akan diberikan jadwalnya dari tutor camp atau bisa minta di kantor nya Mr. Bob.

Program kelas juga bisa diganti sesuai kebutuhan kamu. Waktu itu saya ganti program kelas pada minggu ke dua. Saya ganti program kelas Pronoun Wow menjadi program Career clinic. Ya untuk tau saja mengenai tips dan trik gimana caranya dapetin karer atau lebih tepatnya tau bagaimana jawaban ketika wawancara kerja. Selain itu kenapa saya ganti Pronoun Wow dengan career clinic karena pronoun wow lanjutan dari pronoun 1/2. Pastilah belajar pronunciation lagi. Jadi saya malas lagi belajar itu. hehe

Untuk soal harga paket 1 bulan 6-Up yang saya ambil, harga paketnya Rp. 1.250.000,- ditambah biaya pendaftaran Rp. 80.000,-. Kemudian sekalian saya bayar biaya penjemputan menggunakan travel dari stasiun kediri ke Mr. Bob yaitu Rp. 70.000,-. 
Nah untuk proses pendaftaran cepat, maka ditambah biaya Rp. 749,-
Jadi Total biaya yang saya keluarkan adalah Rp 1.400.749,-.
Rincian biaya pendaftaran paket 1 bulan
Program 6-Up Mr. Bob

Mengapa saya pake penjemputan menggunakan travel dari stasiun kediri Mr. Bob? Ya karena saya awalnya memang menggunakan transportasi kereta api dari stasiun Tawang Semarang ke stasiun Kediri. Saya juga belum pernah ke Pare. Jadi agar lebih aman dan tidak tersesat, saya memesan penjemputan menggunakan travel dari Mr. Bob. Eh ternyata karena ada kesalahan pada saya, saya tidak jadi menggunakan transportasi kereta api. Saya menggunakan travel dari Semarang ke Kampung Inggris Pare. Jadi hangus saja penjemputan saya dari stasiun kediri.

Dari semarang saya berangkat jam setengah 8 malam, sampe di Mr. Bob jam 4 pagi. Saya pikir di kantornya Mr. Bob ada penjaganya atau teman teman yang lain yang juga nyampe jam segitu. Eh ternyata tidak ada. Hanya saya sendiri. Luar biasa. Dengan beraninya saya menunggu di depan kantor Mr. Bob sendiri. Bayangkan bro, sendiri tak ada yang menemani. Secara saya perempuan lagi, baru pertama kali pula ke Pare. Saya beraniin saja, saya berdoa semoga saya selalu di lindungi Allah dan segera yang lainnya nyampe.

Sekitar jam 5 an untung nya ada 1 orang nyampe juga di kantor Mr. Bob. Ya cowok sih. Gak apa apa yang penting saya ada temennya. Saya kenalan dengan cowok itu. Dia dari tangerang. Saya lupa namanya. Orangnya ramah. Kita Asyik ngbrol ngbrol. Sambil menunggu matahari terbit. Tidak gelap lagi.

Saya sebenarnya sedikit kecewa, kenapa tidak ada yang berjaga di kantor Mr. Bob. Kemudian pengantaran saya ke camp juga lama. Jam 8 pagi. Padahal saya sudah menunggu dari subuh. Haha. Saya kebetulan dapat di camp Cempaka.

Kemudian saya agak sedikit kecewa adalah ketika saya sudah diantar ke camp,saya di lepas begitu saja. Tidak ada dari pihak Mr. Bob yang membantu saya memberi arahan dimana kamar saya. Otomatis saya kebingungan disana. Terus mana di camp sudah ada orang yang juga belajar bahasa Inggris di Mr. Bob. Eh ada seseorang yang menawarkan saya untuk sekamar dengannya. Otomatis saya mengiyakan dan masuk ke kamar tersebut. Seseorang yang menawarkan tersebut adalah Oci. Oci juga baru di Kampung Inggris. Oci lah yang menjadi teman yang paling dekat ketika saya di Kampung Inggris.

Di camp, kita harus menggunakan bahasa Inggris. Kecuali ketika hari sabtu dan minggu. Karena hari itu tidak ada program camp dan program kelas. Hari sabtu dan minggu bisa travelling. Hehe.. 

Di camp, apabila kita ketahuan tutor menggunakan bahasa Indonesia, tidak menggunakan bahasa inggris maka akan mendapatkan punishment. Selain itu, Punishment juga didapatkan apabila kita tidak mengikuti kegiatan yang diadakan Mr. Bob seperti outbond yang diselenggarakan setiap hari sabtu pagi pada minggu kedua.

Punishment nya dari point 1 sampe point 3. Point 1 menghafal 25 vocab, point 2 menghafal 75 vocab, dan kemudian yang paling tinggi point 3 terkena punishment adalah ngomong bahasa inggris di depan umum, baik didepan kantor Mr. Bob atau bisa jadi di tempat umum lainnya.

Saya untungnya hanya mendapatkan 1 point dengan punishment menghafal vocab sebanyak 25 vocab yang temanya ditentukan oleh tutor. Saya dapat punishment  tersebut dikarenakan saya tidak ikut outbond. Ya saya sebelumnya juga sudah pernah ikut outbond. Jadi saya lebih memilih pergi ke Gunung Bromo.

Di Mr. Bob kegiatan nya lumayan banyak. Antara lain farewell party yang diselenggarakan untuk anggota baru di Mr. Bob. Farewell party ini bertujuan untuk perkenalan antara teman yang satu dengan teman yang lainnya. Selain itu, juga perkenalan dengan tutor tutor Mr. Bob serta pemberian informasi mengenai Mr. Bob. Acara ini diselenggarakan setiap 2 minggu 1 kali pada malam jumat jam 7 malam sampai selesai.

Kegiatan selanjutnya ada outbond yang diselenggarakan setiap 2 minggu 1 kali hari sabtu pagi. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin kerja sama antar sesama teman di Mr. Bob.

Setiap 2 minggu sekali yaitu hari Jumat, program kelas Mr. Bob mengadakan tes untuk setiap kelasnya. Tes nya untuk mengukur kemampuan bahasa inggris yang sudah didapatkan selama belajar di Mr. Bob. Selain itu, hasil tes tersebut akan diletakkan pada sertifikat yang akan kita dapatkan setelah selesai belajar di Mr. Bob. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, kita hanya membayar Rp. 10.000,- saja per sertifikat. Setiap program akan mendapatkan sertifikat. Jadi kamu tinggal memilih sertifikat mana yang ingin kamu ambil. Kalo saya ambil sertifikat yang nilainya bagus yaitu A.

Mr. Bob memang bagus untuk spesialis speaking. Tetapi untuk yang belum memiliki basic bahasa inggris atau bahasa Inggris nya kurang lancar akan mengalami kesulitan belajar di Mr. Bob. Kebanyakan mereka yang belajar di Mr. Bob pernah belajar di lembaga kursus lainnya di Kampung Inggris, kemudian mereka melancarkan bahasa Inggris mereka di mr. Bob.

Selain itu, untuk yang baru pertama kali datang ke Kampung inggris, lebih baik memilih paket yang 2 minggu terlebih dahulu. Jadi intinya kamu beradaptasi terlebih dahulu, kamu menilai bagaimana belajar di lembaga yang sudah kamu pilih untuk belajar. Apakah cocok dengan cara belajar kamu? Atau kamu bosan dengan cara belajar lembaga tersebut? Atau faktor faktor lainnya. Jika kamu cocok dengan lembaga Mr. Bob kamu bisa melanjutkan paket baru lagi dengan melapor ke kantor Mr.Bob. Tapi jika kamu bosan atau tidak cocok belajar di Mr. Bob, kamu bisa lanjut di lembaga kursus bahasa Inggris lainnya di Kampung Inggris. 



0 comments:

Post a Comment