20 December 2018

Inovasi Digital Pemkot Bengkulu

Kota Bengkulu sekarang mulai tak mau ketinggalan melakukan inovasi digital seperti yang diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia.  Inovasi digital ini merupakan impian bagi kota-kota di Indonesia karena memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat, membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan  seperti kriminalitas, pelayanan kesehatan, keamanan warga kota, dan lain lain. 

Di akhir tahun, 19 Desember 2018,Pemerintah kota Bengkulu meresmikan ruang monitoring center. Selain itu, Pemkot juga melaunching inovasi digital terbaru untuk masyarakat Kota Bengkulu yaitu aplikasi hd city dan hd oto serta melaunching program wifi gratis dan program ambulance online. Pada peresmian ini dihadiri oleh Wakil Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi.
Penyampaian Dedi Wahyudi Dalam Peresmian Monitoring Center dan 4 Program Digital

Dedi Wahyudi berharap fasilitas yang di sediakan dan diresmikan ini dapat meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat kota bengkulu sesuai dengan amanat undang undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publikSelain itu, beliau juga menyampaikan bahwa dengan adanya ruang monitoring center ini diharapkan mampu berkontribusi besar dalam perkembangan pembangunan di kota bengkulu. 

Fungsi dari monitoring center ini adalah memantau aktivitas yang berada di titik strategis kota bengkulu, sehingga melalui monitoring center ini pemkot bengkulu berupaya meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat kota bengkulu. Selain itu, melalui monitoring center ini juga diharapkan membantu kepolisian dalam menekan angka kriminalitas. 
Ruang Monitoring Center

Berikut pelaunchingan 2 aplikasi dan 2 program yang diresmikan oleh Wakil Walikota Bengkulu Dedi Wahyudi,yaitu

1. Aplikasi HD City
Aplikasi HD City ini menampilkan informasi umum tentang kota Bengkulu. Informasi gambaran kota bengkulu meliputi wilayah, pemerintahan, info lokasi-lokasi penting, termasuk obyek wisata unggulan serta hotel dan restoran yang direkomendasikan dalam wilayah kota bengkulu. 

Dalam aplikasi ini juga terdapat menu untuk cityzen report atau pelaporan masyarakat. Masyarakat dapat melaporkan permasalahan yang ditemui seperti jalan berlubang, air pdam yang mati, pelayanan pemerintahan yang kurang optimal, sampah yang menumpuk dan belum terangkut, dan lain-lain yang kemudian akan segera di respon dan ditindaklanjuti oleh unit kerja terkait.
Halaman Utama Aplikasi HD City

Aplikasi HD City ini bisa di download di Google Play Store secara gratis. Setelah di dowload, Anda bisa install di android.


2. Aplikasi HD Oto
Aplikasi HD Oto merupakan aplikasi untuk panggil ambulans gratis secara online. Aplikasi ini diharapkan memudahkan masyarakat yang butuh ambulans apabila terjadi peristiwa kecelakaan, mengantar pasien ke fasilitas kesehatan maupun untuk pemakaman, Saat ini tersedia 21 ambulans. 

Semua masyarakat dapat menggunakannya fasilitas ambulans tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan. Untuk dapat menggunakan fasilitas ini tentunya dowload terlebih dahulu Aplikasi HD Oto ini di Google Play Store.

3. Program wifi gratis
Pada program wifi gratis, pemerintah Kota Bengkulu menyediakan wifi gratis di tiga titik lokasi dalam kota Bengkulu. Adapaun tiga titik lokasi yang telah tersedia wifi gratis antara lain di taman smart city simpang lima, taman nusa indah, dan taman monitoring center. Untuk kedepannya, pemkot Bengkulu juga akan menambah fasilitas wifi gratis di 10 titik di area publik di setiap kecamatan dalam wilayah kota bengkulu. 

Masyarakat bisa akses internet non stop 24 jam free. Fasilitas wifi gratis ini diharapkan dapat bermanfaat kepada seluruh masyarakat kota bengkulu, sehingga masyarakat dapat mengakses konten–konten yang positif dengan sebaik-baiknya dan bijaksana.
Login terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan wifi gratis


   Pada saat Anda ingin menggunakan wifi gratis ini, Anda mendaftar member terlebih dahulu. Cukup memasukkan Nama, Email, No.Hp dan klik daftar. Dengan demikian Anda sudah bisa menikmati wifi gratis. 

4. Program ambulance online.
Pada program ambulance online ini, pemerintah Kota Bengkulu telah menyediakan armada ambulans berjumlah 22 unit dari puskesmas, rumah sakit harapan dan doa (rshd), dan dinas kesehatan. Unit ambulans tersebut siap digunakan sesuai kebutuhan masyarakat. Dengan adanya ambulance ini diharapkan dapat melayani masyarakat.
Ambulance Online Siap Digunakan Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Inovasi digital yang di buat pemerintah Kota Bengkulu ini merupakan bentuk keseriusan pemkot bengkulu untuk memberikan akses, fasilitas, dan layanan terbaik kepada masyarakat kota Bengkulu demi dapat mewujudkan kota bengkulu yang bahagia dan religius. Untuk mencapai sukses nya program yang dibuat Pemkot Bengkulu juga membutuhkan dukungan dari semua pihak, baik jajaran ASN Kota Bengkulu serta masyarakat.
This entry was posted in

6 comments:

  1. Semakin banyak inovasi dalam pembangunan bengkulu semakin maju semoga masyarakat makin makmur yach

    ReplyDelete
    Replies
    1. semakin smarts juga masyarakat nya bunda karena sekarang dengan gampang mendapatkan informasi apalagi dengan adanya free wifi pemkot Bengkulu

      Delete
  2. Yeay bengkulu makin keren ka .
    Bangga deh aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mbakm semoga juga pemkot Bengkulu mengembangkan inovasi digital lainnya

      Delete
  3. Wah makin banyak ya inovasi digital yang dilakukan pemerintah kota Bengkulu. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamaam mbak.semoga saja masyarakat bengkulu memanfaatkan nya secara positif

      Delete