29 October 2018

Pengalaman Mengubah Template Blog Di Kelas Blogger Bengkulu



Assalamualaikum
Halo sahabat ku dimanapun berada.. :D
Apa kabar kalian semua?
Saya doakan kalian dalam keadaan sehat wal'afiat, aamiin..

Kali ini, saya mau membagi pengalaman saya ketika saya mengikuti kelas Blogger Bengkulu untuk yang pertama kali. Kelas blogger bengkulu ini diikuti dari berbagai kalangan yaitu mahasiswi, ibu-ibu, karyawan swasta, dokter, dll. Dari kelas ini, banyak yang didapatkan. Selain menambah ilmu, juga mendapatkan teman baru.

Ok baiklah, kegiatan hari ini dimulai dari perkenalan anggota Blogger Bengkulu yang baru termasuk saya. Selain itu, kak Pieter (blogger sepenggalinfo.com ) memberikan materi mengenai domain dan sebagainya. Selain kak Pieter, mbak Ria (blogger riafasha.com ) memberikan materi mengenai cara mengubah template blog.

Kak Pieter memberikan materi mengenai domain.

Dari penjelasan yang disampaikan kak Pieter membuat saya tau apa sih domain?
Ya domain merupakan  sistem penamaan untuk memberikan alamat bagi server dan halaman website itu sendiri.

Setelah kak Pieter, mbak Ria yang memberikan materi menganai cara mengubah template. Nah, bagi kita yang masih awam, khususnya saya, masih sangat kesulitan mengubah template.  
Sebelum memulai praktik nih, kita harus tau dulu mengapa kita harus mempunyai template yang OK?
Apabila kita memakai template yang OK, maka blog kita terlihat rapi, gak berantakan pastinya dan pembaca nyaman untuk membacanya. Jadi pembaca tidak pusing melihat blog kita. Udah pusing sama tugas kuliah, eh pas liat blog kita jadi tambah pusing. Kan kasian tuh. haha

Selain itu, blog kita tampak proffesional. Yuhuu seperti orang-orang yang udah ahli dalam buat dan menulis blog. Kan jadi bangga juga tuh punya blog yang OK dan keren.. :D

Materi selanjutnya yang disampaikan mbak Ria adalah tips memilih template, cara mendapatkan template dan cara mengubah template.

Tips memilih template antara lain :
1.      Responsive & Mobile Friendly
Pilihlah template yang responsive dan mobile Friendly sehingga tampilannya akan menyesuaikan perangkat browser yang kita gunakan untuk mengakses blog
2.      Simple, Clean, dan User Friendly
Pilihlah template yang simple, clean, dan user friendly. Apabila template simple, clean dan user friendly maka pembaca akan lebih nyaman membaca artikel yang kita buat . Selain itu, pilihlah font yang mudah di baca dengan ukuran standard. Untuk contoh, kita bisa liat pada template Mbah google. Template yang digunakan mbah Google sederhana, bersih dan rapi, sehingga pembaca nyaman ketika membuka situs Mbah Google.
3.      Hindari warna mencolok
Ketika memilih template, hindarilah template yang bikin sakit mata pembaca. Kurangi juga penggunaan gadget yang tidak penting, dan kurangi juga penggunaan animasi blink blink yang membuat blog menjadi berat
4.      No Pop Up Window
Hindari menggunakan pop up window.
5.      Fast Loading
Fast loading akan mempengaruhi pembaca dan SEO.
6.      Cek kecepatan Loading Blog di Page Speed Insights
Untuk mengetahui kecepatan loading blog, dapat dicek pada Page Speed Insights. Dengan demikian, kita bisa memperbaiki template kita agar template menjadi lebih baik lagi dan lebih capat loadingnya.
7.      Valid Google Testing Tool Validator
Untuk mengetahui kualitas baik buruknya struktur data yang terdapat pada template blog, kita dapat menggunakan tools Google Structured Data.

Cara mendapatkan template ada 2 yaitu
1.      Template Gratis yang disediakan Blogspot lalu download template gratis
2.      Template Premium dengan membeli dari designer template

Langkah-langkah mengubah template blog :
1.      Buka dashboard blogger
2.      Pilih tema, kemudian Klik Backup/ Pulihkan yang dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


3.      Download Tema untuk menyimpan template lama
Apabila kita ingin kembali ke template semula, maka template sebelumnya yang sudah disimpan tadi dapat digunakan lagi
4.      Upload tema – file xml
Ketika mengupload tema, file yang dipilih adalah file yang berbentuk xml.
5.      Lihat tampilan terbaru
Setelah upload berhasil, maka kita dapat melihat tampilan terbaru blog kita
6.      Setelah itu, maka kita dapat mengedit layout

Dari beberapa tahapan mengubah template diatas, saya agak kesulitan dalam mengedit layout. Karena pada layout membuat menu baru, membuat label, dan sebagainya. Ya mungkin saya perlu latihan yang lebih banyak lagi mengubah layout ini.

Yuhuu, sambil mengubah template kita sambil makan nih. Steak nya lezaaatt bangett. Steak buatan Hangout Bengkulu. Habis dalam sekejap  :D


Karena keasikan mengubah template blog, gak terasa jam udah menunjukkan 16.00 WIB. Padahal di jadwal sebenarnya hanya sampe 15.30 WIB. Wah.. tanda-tanda keasyikan belajar blog nih.
Diakhir kelas Blogger Bengkulu, kita foto-foto bareng sama temen-temen sesama blogger Bengkulu.



Cukup sekian ya pengalaman saya ketika pertama kali mengikuti kelas Blogger Bengkulu. Buat yang mau tau tentang Blogger Bengkulu, bisa di Klik www.bloggerbengkulu.com

Wassalamualaikum

2 comments:

  1. Caranya biar bisa gabung di grub ini bagaimana mbkm apa husus cewe saaj?

    ReplyDelete
  2. tidak hanya cewek, cowok juga bisa, ikut kelas yang biasanya diadakan setiap 1 bulan sekali dek.

    ReplyDelete